All for Joomla All for Webmasters
Featured

Bupati Batang: Tak Pakai Voorijder, Nyetir Sendiri, dan Bebas Ditemui Rakyat

baguskali.com

Jakarta – Nama Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo (43) mulai dikenal ketika dianugerahi Bung Hatta Anticorruption Award, penghargaan yang juga pernah diraih Jokowi saat menjadi wali kota Solo. Yoyok yang menjabat bupati sejak 2012 sukses membenahi birokrasi Batang, dengan sistem pelayanan publik yang bersih dan bebas korupsi.

Tak hanya itu saja, Yoyok yang memilih pensiun dini dari TNI ini punya kebiasaan lain daripada yang lain. Misalnya kalau kepala daerah lain selalu dikawal voorijder atau petugas keamanan, dengan iring-iringan kemudian disopiri, hal-hal itu tidak berlaku pada Yoyok.

“Waduh mas, nggak ada saya. Buat apa pengawalan, itu mobil dinas Camry juga sejak awal nggak pernah saya pakai. Biasa saja mas,” jelas Yoyok saat berbincang, Sabtu (2/1/2016).

Yoyok menyampaikan, buat dia, rakyat harus bisa mengaksesnya di manapun. Dia pun mesti merasakan apa yang dirasakan rakyat, termasuk saat berkendara. Yoyok juga nyetir sendiri dengan Innova lama.

“Ya ini kan biasa mas, ini saya lagi nganter anak istri ke tempat wisata. Liburan mas,” terang ayah dua anak ini.

Yoyok tak ingin ada jarak dengan masyarakat Batang. Rumah dan kantor dia juga terbuka 1×24 jam untuk menerima laporan.

“Rumah dinas saya terbuka mas, nggak ada Satpol PP yang jaga. Nggak perlu birokrasi ketemu saya, silakan saja,” tutur dia.

Masyarakat juga banyak yang mengadu ke Yoyok saat di masjid. Yoyok memang mengeluarkan imbauan agar selalu salat berjamaah, jadi bila mencari sang bupati gampang, bisa dicek di masjid agung Batang saat salat lima waktu.

Yoyok juga bicara mengenai janjinya saat masa kampenye menjadi Bupati Batang, dia hanya akan menjabat satu periode setelah itu selesai. Yoyok menegaskan, dalam waktu lima tahun cukup memberikan dan memenuhi janji kepada masyarakat termasuk soal kesejahteraan.

“Saya tetap pegang komitmen saya mas, saya ini pemimpin bukan penguasa yang mati-matian ingin mempertahankan kekuasaan. Tugas saya memimpin memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dan memberikan kesejahteraan,” tutup dia.

Komentar Anda

Most Popular

To Top