All for Joomla All for Webmasters
Featured

Liverpool Sambut 2016 Dengan Kekalahan 0-2 Dari West Ham

baguskali.com

Liverpool pulang dari kunjungannya ke West Ham United dengan kekalahan 0-2. Gol dari Michail Antonio di babak pertama dan Andy Carroll di babak kedua menentukan kemenangan tuan rumah.

Bertandang ke Boleyn Ground, Sabtu (2/1/2016) malam WIB, Liverpool lebih dominan dalam penguasaan bola dengan persentase 65%. Tapi mereka kesulitan memberikan ancaman berarti untuk West Ham.

Tercatat meski melepaskan 23 tembakan, hanya dua percobaan Liverpool yang tepat sasaran. Sedangkan West Ham punya 10 tembakan mengarah ke gawang dari 18 upaya.

Liverpool sudah tertinggal di menit ke-10 lewat gol Antonio. Gol ini tak terlepas dari ‘peran’ Albero Moreno. Moreno mulanya merangsek di sisi kanan kotak penalti West Ham, tapi kemudian terjatuh setelah ditekel Antonio dan bola direbut.

West Ham kemudian menusuk ke sisi kiri Liverpool, dan ketiadaan Moreno membuat bek-bek Liverpool bergeser ke kiri. Saat itulah Enner Valencia mengirimkan umpan silang ke tiang jauh dan disambut sundulan Antonio, yang mengungguli Nathaniel Clyne.

Gol kedua tercipta dari proses serupa. Kali ini Mark Noble yang melepaskan umpan silang ke tiang jauh. Di sana, Clyne yang sudah harus menjaga satu pemain, tak berdaya ketika Carroll datang dan menyambut bola dengan kepala. Gawang Liverpool pun kembali bergetar.

Dengan hasil ini, Liverpool pun tertahan di posisi delapan dengan nilai 30 dari 20 pekan. Mereka masih bisa turun posisi mengingat sejumlah tim belum memainkan laga ke-20. Sementara West Ham naik ke urutan lima sementara dengan 32 poin.

Jalannya Pertandingan

Liverpool langsung menekan dan mendapatkan peluang di menit keempat. Jordon Ibe bertukar umpan dengan Emre Can di sisi kanan dan melepaskan sepakan mendatar. Tapi bola cuma melesat tipis di kiri gawang.

Empat menit berselang, West Ham membalas. Michail Antonio mencoba mengarahkan tendangan mendatar dari luar kotak penalti. Juga melebar ke kiri gawang.

Hanya berjarak dua menit, West Ham memetik keunggulan. Kali ini Enner Valencia mengirim umpan silang dari kanan ke arah tiang jauh, lalu disambut sundulan Antonio yang tak mampu dihalau Simon Mignolet.

Tekanan lain hadir untuk Liverpool di menit ke-13. Sundulan Andy Carroll menyambut umpan silang Aaron Creswell tepat mengarah ke pelukan Simon Mignolet.

West Ham nyaris menggandakan keunggulan empat menit kemudian. Sepakan keras Manuel Lanzini dari sisi kiri menerpa tiang gawang Liverpool sebelah kanan. Mignolet cuma terpaku melihat datangnya tembakan.

Sementara serangan Liverpool terus menemui jalan buntu, sebuah serangan cepat West Ham kembali menunjukkan potensi gol di menit ke-21. Umpan silang Cresswell disambut tandukan Antonio, namun hanya melambung.

Tusukan lain dari West Ham di menit ke-30 memberikan ancaman untuk Liverpool. Antonio merangsek di sisi kanan, dan mengoper ke Valencia di depan gawang. Valencia mencoba menendang dengan kaki kiri tapi melebar jauh.

Liverpool mendapatkan celah di tengah pada menit ke-37. Benteke menerima operan mendatar di depan kotak penalti, lalu meneruskannya ke Firmino yang punya ruang tembak lebih bebas. Firmino mengarahkan sepakan yang belum menemui sasaran, melebar ke kiri.

Ancaman kembali harus dihadapi Liverpool memasuki menit ke-42. Bola sapuan Mamadou Sakho menyambut umpan silang disepak Cresswell di sisi kiri ke arah gawang. Beruntung bagi Liverpool Clyne berada dalam posisi tepat untuk memblok bola.

Liverpool nyaris menyamakan kedudukan di masa injury time babak pertama. Ibe menusuk di sisi kanan, lalu mengoper ke Firmino di dalam kotak penalti, yang meneruskan bola ke Can yang berlari dari lini kedua. Can menyambut dengan sepakan keras, tapi cuma menghantam mistar gawang. Babak pertama berakhir tak lama berselang.

Coutinho mencoba peruntungannya dari jarak jauh tiga menit babak kedua berjalan. Tak menemui sasaran karena sepakannya melambung jauh.

Liverpool kembali melakukan tekanan, kali ini lewat serangan di sisi kiri. Moreno melepaskan umpan silang mendatar ke Benteke tak jauh di depan gawang. Tapi Benteke gagal menendang dengan sempurna sehingga bola pun melebar jauh dari gawang.

Meski memulai dengan menekan, Liverpool justru kembali kemasukan di menit ke-56 dari pola yang serupa dengan gol pertama. Kali ini Mark Noble yang melepaskan umpan silang dari kanan ke tiang jauh. Di sana Andy Carroll melompat dan menyambut bola tanpa kesulitan berarti, menanduknya ke gawang. Mignolet tak bergerak dari tempatnya.

Liverpool merespons gol kedua West Ham dengan pergantian pemain. Firmino dan Moreno ditarik keluar, Adam Lallana dan Brad Smith masuk menggantikan. Tak lama berselang, West Ham juga ikut melakukan pergantian dengan memasukkan Dimitri Payet untuk Enner Valencia.

Liverpool nyaris makin tertinggal di menit ke-69. Payet yang baru masuk memberikan umpan terobosan ke Cresswell di kiri, lalu diteruskan dengan umpan silang ke tiang jauh. Di sana Carroll menyambut dengan sundulan usai mengungguli Brad Smith di duel udara. Tapi Mignolet sigap menepis.

Bola belum jauh dari garis gawang, sampai kemudian sempat disepak Mignolet. Belum reda tekanan untuk Liverpool karena Antonio menyambut bola liar dengan sepakan. Mignolet sigap menahan bola.

Liverpool balas menekan. Coutinho bekerja sama melakukan umpan satu-dua dengan Benteke untuk merangsek ke dalam kotak penalti dari tengah. Sayangnya bagi Liverpool, umpan terobosan Benteka agak terlalu deras sehingga lebih dulu bisa dihalau Adrian, kiper West Ham.

Sebuah peluang apik untuk Liverpool gagal berbuah gol di menit ke-78. Bermula dari sepak pojok, Emre Can yang mencoba menyundul membelokkan bola ke arah Lucas, yang kemudian mengarahkan bola ke gawang dengan kepala. Sundulannya meluncur ke pojok kiri gawang West Ham, tapi di sana masih ada Noble yang menyapu bola di garis gawang.

West Ham merespons dengan sepakan Noble. Tapi masih bisa diamankan Mignolet. Mignolet kembali melakukan penyelamatan di menit ke-90, menepis sepakan Cheikhou Kouyate meneruskan umpan Payet.

Liverpool sempat mengancam lewat sundulan Joe Allen, tapi melebar. Laga berakhir tak lama berselang.

Susunan pemain:

West Ham: Adrian, Tomkins, Collins, Ogbonna, Creswell, Lanzini (Obiang 39′), Noble, Kouyate, Antonio (Jenkinson 86′), Valencia (Payet 64′), Carroll

Liverpool: Mignolet, Clyne, Lovren, Sakho (Allen 82′), Moreno (Smith 61′), Can, Lucas, Ibe, Coutinho, Firmino (Lallana 61′), Benteke

Komentar Anda

Most Popular

To Top