All for Joomla All for Webmasters
Khazanah

Hikmah: Zikir Antarkan Manusia Menuju Kebahagiaan Hakiki

baguskali.com

JAKARTA — Zikir menjadi salah satu pilihan terbaik umat Muslim untuk menyambut pergantian tahun. Berbagai acara zikir pun diselenggarakan di hampir seluruh daerah di Indonesia.

Pengasuh Pondok Pesantren Ulil Albab, Didin Hafidhuddin, menegaskan kalau zikir merupakan jalan manusia untuk menuju kebahagiaan yang hakiki. Menurutnya, hal itu bisa terjadi lantaran zikir akan mengarahkan perbuatan seorang manusia, kepada perbuatan yang tentu akan mencari karunia.

“Zikir mengantarkan kita ke kebahagiaan hakiki,” kata Didin saat mengisi tausiyah di Zikir Nasional, Kamis (31/12).

Dengan perbuatan mencari karunia, seorang manusia diyakini akan beraktivitas menggunakan norma dan ahlak mulia yang didasarkan pada zikir yang diucapkan. Hal itu dikarenakan zikir mengandung sifat yang diharuskan dalam Islam, sehingga orang yang berzikir tidak akan menjadi orang pasif menjalani hidup.

Ia pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak-pihak yang mengadakan zikir di penghujung tahun, yang dianggap memberikan alternatif kepada masyarakat. Alternatif yang diberikan, lanjut Didin, tentu akan menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan menghabiskan energi dan waktu dengan berfoya-foya.

Didin berharap majelis-majelis zikir dapat memberikan manfaat, serta nilai positif kepada mereka yang terus istiqomah melakukannya. Ia menambahkan nilai positif tentu bisa didapatkan, lantaran zikir merupakan perilaku seorang Muslim sejati, baik secara pribadi maupun berjamaah.

Komentar Anda

Most Popular

To Top