All for Joomla All for Webmasters
Eduinfo

Rekreasi Baru Ala Warga Jepang Memanjat Pohon

baguskali.com

Para pecinta alam Jepang memiliki cara berekreasi baru yang kini menjadi populer di Jepang. Apakah itu? Memanjat pohon! Ya, melalui  panjat pohon, para pecinta alam Jepang ini menumbuhkan kembali semangat bertualang sekaligus memberikan dukungan mereka terhadap konservasi hutan.

Bukan tanpa alasan, memanjat pohon menjadi ajang rekreasi baru yang populer di Jepang. Dengan memanjat pohon, seseorang akan merasakan antusiasme dan kegembiraan sekaligus, dan di saat yang sama juga merasakan rileks karena terlepas dari kesibukan di perkotaan.

Dilansir japantimes, untuk lebih mempopulerkan memanjat pohon, para pecinta alam Jepang menyelenggarakan rekreasi panjat pohon di berbagai tempat di Jepang setidaknya setiap satu minggu. Sebagian orang mungkin menganggap rekreasi dengan memanjat pohon merupakan kegiatan yang cukup sulit dan berbahaya.

Akan tetapi para pegiat panjat pohon Jepang menyatakan bahwa siapa pun dapat melakukan rekreasi panjat pohon dengan menggunakan tali dan ikat pinggang harness yang kerap digunakan dalam flying fox. Dengan menambahkan berbagai peralatan lain, seperti katrol misalnya, anak-anak dan para difabel juga dapat mudah memanjat pohon dengan aman.

Pada pertengahan Oktober lalu, sekelompok pecinta alam yang terdiri dari 10 orang juga mempraktikan rekreasi panjat pohon ini dengan cara yang unik. Mereka berkumpul di kota Matsukawa, Prefektur Nagano, untuk kemudian pergi memanjat pohon dan ‘menggantung’ di udara bersama-sama di sebuah bukit.

Para pemanjat pohon kemudian menemukan pohon besar setinggi 15 meter untuk ‘ditaklukkan’. Sebelum memanjat pohon, mereka melakukan ritual dengan memeluk dan menyapa pohon untuk menunjukkan kecintaan mereka pada alam. Dengan peralatan lengkap, para pemanjat ini kemudian menaklukan pohon besar yang kokoh tersebut bersama-sama.

“Yang menarik (dari memanjat pohon) ialah Anda dapat melakukannya bersama-sama dengan banyak orang di alam terbuka. Kegiatan ini juga dapat membantu menumbuhkan rasa kasih sayang untuk merawat alam,” ungkap instruktur tim Hideki Watanabe.

Tree Climbing Japan, organisasi yang mendorong kegiatan panjat pohon, mengatakan aktivitas memanjat pohon ini sudah mulai dikenal di Jepang sejak 15 tahun lalu. Tree Climbing Japan sejak 2000 lalu juga mulai mengeluarkan sertifikat bagi mereka yang mengikuti kursus dan berhasil menguasai teknik memanjat pohon dengan aman, seperti Instruktur Watanabe. Saat ini, Tree Climbing Japan telah menganugerahi sekitar 3 ribu pemanjat pohon dengan sertifikat tersebut.

Peminat panjat pohon ini pun berasal dari berbagai kalangan dan latar belakang. Pegawai negeri, Tatsuya Ito, bersama anak-anaknya juga tertarik untuk mengikuti rekreasi alam yang unik ini.

Menurutnya, rekreasi dengan memanjat pohon membuatnya merasa tenang dan nostalgis terhadap masa kecilnya. “Saya berharap memanjat pohon juga dapat memberikan orang-orang kesempatan untuk memberi perhatian terhadap konservasi alam,” ujar Ito.

Komentar Anda

Most Popular

To Top