All for Joomla All for Webmasters
Islami

Adab dan Cara Menegur Dalam Islam

baguskali.com

Beranjak dari firman Allah ta`ala yakni: “Ajaklah (wahai Muhammad) mereka ke arah jalan Tuhanmu dengan hikmah dan nasihat yang elok dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang paling baik…..” (Surah An-Nahl: 125) dan juga hadits Rasulullah SAW yang menyuruh kita berubah dan memperbaiki kesalahan dan kemungkaran dengan tangan atau kuasa jika kita punya kemampuan. Jika tidak, maka dengan lidah dan jika tidak mampu dengan perkataan, maka dengan kebencian hati terhadap kemungkaran tersebut.

Ditegur atau diperingatkan atas kesalahan yang anda lakukan memang sama sekali bukan moment yang menyenangkan. Rasa malu, gengsi bahkan kadang sakit hati tak jarang menguasai fikiran anda setelah mendapat teguran. Tapi jangan salah, ternyata menegur itu lebih tidak enak dari pada orang yang menerima teguran, karena ada beban tersendiri ketika harus memperingatkan dan mengungkapkan kesalahan orang lain.

Makanya tidak heran jika muncul perasaan sungkan dan risih saat harus menegur orang yang salah, sekalipun yang akan anda tegur adalah bawahan, tapi demi kedisiplinan dan berjalannya sistem kerja yang baik, anda harus berani menegur yang salah.

Berikut ini tips menegur bawahan dengan bijak:
1. Kumpulkan Informasi Akurat
Dalam menegur seseorang, anda harus memiliki alasan dan informasi yang akurat, tanpa hal ini anda bisa dianggap sewenang-wenang. Tapi ingat, jangan mencari-cari kesalahan orang lain, artinya ada harus menegur secara obyektif.

2. Tegurlah Segera
Jangan menunda-nunda waktu untuk menegur, karena hal ini akan berakibat si pelanggar merasa itu bukan kesalahan dan kemungkinan akan dicontoh oleh bawahan yang lain.

3. Lakukan Secara Personal
Ingatlah, jangan pernah menegur ditengah orang banyak dan dengan bantuan orang lain, lakukan empat mata, pilih tempat yang melindungi privasi, bersikaplah profesional, jangan mempermalukan orang tersebut didepan orang lain.

4. Fokus Pada Persoalan
Teguran hendaknya jangan melenceng dari persoalan, artinya jangan menyinggung hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan masalah pokok, apalagi masalah pribadi. Selain itu jangan mengungkit kesalahan dimasa lalu, karena hal tersebut akan mengesankan bahwa anda seorang pendendam.

5. Dengarkan Pembelaannya
Beri kesempatan pada orang yang anda tegur untuk memberikan penjelasan, hal ini juga membantu anda dalam memecahkan persoalan dan memberikan solusi. Jangan biarkan mereka melakukan kesalahan lagi, hanya karena mereka tidak tahu apa keinginan anda.

6. Lakukan Dengan Tegas & Adil
Teguran harus dilakukan dengan tegas dan adil, jangan hanya menegur orang yang tidak anda suka, jika anda hanya menegur orang-orang tertentu, anda akan dicap pilih kasih dan tidak adil. Hal yang tidak kalah penting, dalam menegur tunjukkan sikap untuk membantu, bukan menghukum.

7. Buatlah Komitmen Perbaikan
Bicarakan solusi yang yang dapat anda & dia lakukan untuk perbaikan kedepan, buat kesepakatan, tentukan batas waktu. Akhiri prosedur pemberian teguran dengan saling pengertian, kemudian lihat perbaikan yang dilakukan.

Selamat menegur dengan bijak, semoga bisa membawa perubahan ke depan, ke arah yang lebih baik menuju masa depan yang gemilang.

Komentar Anda

Most Popular

To Top