All for Joomla All for Webmasters
Teknologi

Netflix, Raksasa Video Streaming Yang Dulunya Rental DVD

baguskali.com

Jakarta – Hari ini, beberapa netizen dihebohkan dengan kabar hadirnya layanan Netfilx di Indonesia. Kehadiran layanan video streaming ini jelas menjadi kabar gembira bagi para penikmat film dan serial TV di Tanah Air.

Namun di sisi lain, mungkin masih banyak orang yang bertanya-tanya apa itu Netflix? Untuk itu, sebelum menikmati Netflix di Indonesia, tak ada salahnya berkenalan dengan layanan ini lebih dulu.

Netflix adalah salah satu penyedia layanan televisi internet terbesar yang ada di dunia. Lewat layanan Netflix, pelanggan dapat menonton konten film atau serial TV favorit kapanpun, dimanapun, termasuk dari perangkat apapun yang terkoneksi internet.

Tak hanya itu, salah satu keunggulan Netflix adalah pelanggan diberi kemudahan untuk mengatur konten yang ingin ditonton. Bahkan, semua itu dapat dinikmati tanpa iklan atau komitmen tambahan.

Namun, tahukah Anda, sebelum menjadi layanan televisi internet seperti saat ini, ternyata Netflix berawal dari sebuah penyewaan film yang dijalankan secara daring.

Didirikan pertama kali pada 1997, setahun kemudian Netflix resmi meluncurkan situs netflix.com yang digunakan untuk menjual dan menyewakan DVD yang kala itu masih berjaya.

Seperti dikutip dari situs resmi Netflix, Kamis (7/1/2016), 1999 adalah tahun perusahaan ini resmi mengawali debutnya sebagai penyedia layanan berlangganan yang menawarkan penyewaan DVD tak terbatas dengan harga terjangkau selama satu bulan.

Berselang tiga tahun kemudian, Netflix sudah resmi menjadi perusahaan go-public dengan 600.000 pendaftar di Amerika Serikat. Lalu, 2005 jumlah pendaftar Netflix pun naik sampai 4,2 juta. Baru di 2007, Netflix resmi memperkenalkan layanan streaming menonton film dan serial TV.

Setelah itu, Netflix semakin melebarkan sayap melalui kerja sama dengan beberapa perusahaan teknologi lain, seperti Xbox 360, PS3, termasuk ke beberapa perangkat mobile. Sejak saat itu, layanan Netflix pun semakin membesar termasuk ke negara-negara di luar Amerika Serikat.

Pasar Netflix yang kian luas juga mendorong perusahaan itu untuk mulai mengembangkan konten baru, yakni beberapa serial TV orisinal yang memang hanya tayang di Netflix.

Beberapa judul serial TV orisinal Netflix yang populer di antaranya Orange is the New Black, Hemlock Grove, House of Cards, Daredevil, dan Jessica Jones.

Tak hanya itu, salah satu keunggulan dari serial TV orisinal Netflix adalah waktu perilisan tiap episode dari satu judul yang dilakukan bersamaan.

Jadi, ketimbang menunggu tiap minggu untuk dapat menonton episode baru, pelanggan dapat menyesuaikan untuk menontonnya kapan saja mulai dari episode awal sampai akhir.

Komentar Anda

Most Popular

To Top