All for Joomla All for Webmasters
Featured

Pulau Mursala, Sebuah Pulau Indah di Sumatera Utara

baguskali.com

Keindahan alam Sumatera Utara tidak ada habisnya. Jadi bagi orang Sumatera, sebelum pergi jauh-jauh, mending eksplor dulu destinasi wisata sekitar. Kenapa harus jauh ke Papua untuk melihat kekayan pulau atau ke Lombok dan Bali melihat birunya laut, karena Pulau Mursala di Sibolga punya semuanya. Untuk mengeksplore kekayaan alam dan keindahan kota Sibolga yang memiliki daya pikat biru laut, air terjun di tengah laut dan pulau-pulau indah sekitarnya.

Sisi lain yang lebih menarik adalah Pulau Mursala ini sudah dua kali dijadikan lokasi syuting pembuatan film baik film nasional maupun Hollywood. Dulu pulau ini pernah menjadi lokasi shooting dalam film King Kong yang diluncurkan pada tahun 2005. Film bergenre science fiction ini adalah satu film yang pernah populer di dunia. Pernah pula dijadikan lokasi syuting Film Indonesia yang berjudul Mursala. Wajar saja kalau akhirnya pulau ini terkenal hingga ke mancanegara dan menjadi tujuan wisatawan para turis luar negeri. Belum lagi kabar pantai Sibolga yang terkenal biru dan belum banyak pengunjungnya. Sehingga akan membuat anda merasa ekslusif menjadi orang yang pernah menikmati pantai indah yang belum banyak didatangi orang ini.

Kemudian menyeberang dan melihat air terjun Mursala yang masuk dalam kawasan Tapanuli Tengah ini. Anda juga diajak menyusuri pulau Mursala yang terkenal dengan air terjun satu-satunya di tengah laut dan memiliki ketinggian tebing hingga 35 meter ini. Bukan hanya pulau Mursala, pulau sekitar Mursala yang juga tidak kalah indah dan memiliki daya pikat tersendiri.

Mursala memiliki semua yang bisa membuat wisatawan berdecak kagum, ketinggian tebing aliran air terjun Mursala, hingga pemandangan karang dan ikan bawah laut hingga putih pasir dan biru laut yang masih belum tercemar. Pulau Mursala memiliki Perairan dangkal dengan Terumbu Karang dan aneka jenis Ikan termasuk ikan hias disekitar Pulau Jambe. Teluk Labuan Hunik yang cocok untuk kegiatan menyelam dan snorkeling. Di pulau ini juga terdapat:

  1. Batu Garuda atau batu yang menjorok berbentuk burung pada ketinggian ± 70 m diatas permukaan laut di pantai curam Pulau Silabu Na Menek
  2. Bonsai Pinang Merah alam diatas bebatuab curam sekitar Pulau Silabu Na Menek
  3. Gugusan komposisi batu curam di sekitar Pulau Silabu-labu Na Godang
  4. Laguna dengan hamparan pantai pasir putih yang menyatu antara Pulau Silabulabu Na Godang dengan Pulau Kalimantung Na Menek.
  5. Hamparan pantai pasir putih di Pulau Puti (Pulau Putih) yang kesemuanya ini sangat berdekatan dengan Pulau Mursala

Semua masih asli dan bersih, kendala objek wisata ini tidak terekspose hanya karena jaraknya hampir 9 jam dan akses ke sana harus sewa kapal dengan biaya yang cukup mahal. Tapi tenang, kalau rombongan semua masalah itu terselesaikan, jadi kapan lagi explore Sumatera Utara?

 

 

Komentar Anda

Most Popular

To Top