All for Joomla All for Webmasters
Featured

Siapakah Pemenang Ballon d’Or, Puskas Award, dan FIFPro World XI 2015 & Bagaimana Pemilihannya?

baguskali.com

Bukan cuma Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Neymar yang akan bertarung di Ballon d’Or 2015 malam nanti. Akan dipilih juga pesepakbola putri terbaik, gol terbaik, dan Tim Terbaik 2015. Bagaimana proses pemilihannya?

Bertempat di Kongresshaus, Zurich, Swiss, Senin (11/1/2016) tengah malam nanti akan digelar gala penghargaan Pemain Terbaik Dunia 2015. Dunia menantikan siapa yang akhirnya menjadi pemenang antara Lionel Messi, Neymar, dan Cristiano Ronaldo.

Persaingan ketiga pemain tersebut memang jadi yang paling banyak menarik perhatian, karena dianggap paling bergengsi. Tapi pesta nanti malam bukan cuma menentukan siapa yang terbaik antara mereka bertiga karena ada juga pengumuman pemain terbaik putri, gol terbaik, dan tim terbaik.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pemain terbaik peraih Ballon d’Orditentukan melalui voting yang melibatkan kapten dan pelatih tim nasional negara anggota FIFA (yang saat ini tercatat terdiri dari 209 negara, minus Indonesia dan Kuwait tengah dihukum). Selain itu suara juga dikumpulkan dari perwakilan media di masing-masing negara tersebut.

Kapten, pelatih, dan perwakilan media diminta untuk memilih tiga pemain berdasarkan urutan satu, dua, dan tiga. Pemain yang dipilih pertama mendapat lima poin, pilihan kedua bernilai tiga poin, dan pilihan ketiga bernilai satu poin.

Poin-poin yang dikumpulkan dari kapten, pelatih dan perwakilan media itu kemudian dijumlahkan. Pemilik poin terbanyaklah yang nantinya keluar sebagai pemenang. Jika ternyata ada dua nama mendapatkan jumlah poin sama, maka pemenangnya adalah yang paling banyak dipilih di urutan pertama.

Lalu, bagaimana proses pemilihan Puskas Award?

Juara Puskas Award dipilih oleh langsung pengunjung situs FIFA.com dan Francefootball.fr. Pada awalnya ada 10 gol terbaik yang bisa dipilih oleh publik di seluruh dunia, selanjutnya tiga gol yang mendapat suara terbanyak dan menjadi finalis.

[Baca juga: Gol Terbaik Milik Messi, Florenzi, atau Wendell Lira?]

Pemilih tiga finalis tersebut dari situs FIFA.com dan Francefootball.fr kemudian dijumlahkan untuk mencari siapa peraih suara terbanyak. Gol dengan pemilih terbanyak jadi pemenang.

Untuk pemilihan FIFA FIFPro World XI, ini sepenuhnya dilakukan oleh pemain-pemain profesional yang berafiliasi pada FIFPro. Setiap pemain yang masih aktif diminta menyerahkan tim terbaik versi mereka sendiri dalam formasi 4-3-3.

Nama-nama yang masuk kemudian dihitung oleh FIFA. Dan yang dipilih paling banyak pada masing-masing posisi akan masuk dalam FIFA FIFPro World XI. Sampai akhir pekan kemarin FIFA sudah menerima hampir 25.000 vote dari 70 negara.

Komentar Anda

Most Popular

To Top