All for Joomla All for Webmasters
Featured

Rahasia Dibalik Kecepatan Shinkansen

baguskali.com

Shinkansen merupakan salah satu peradaban yang paling menonjol di Jepang. Shinkansen juga merupakan kemajuan teknologi transportasi yang menerima banyak perhatian dari luar negeri. Shinkansen Tokaido membutuhkan 2 jam 25 menit antara Tokyo dan Shin-Osaka, dan kereta ini memiliki kecepatan tertinggi 270km/jam. Tahun ini merupakan peringatan 50 tahun Shinkansen sejak tahun 1964 yang telah mengangkut lebih dari 5 miliar orang.

Tentu saja, kecepatan adalah salah satu alasan mengapa wisatawan begitu terkejutoleh shinkansen, tetapi ada alasan lain seperti ketepatan, kenyamanan dan keamanan.

  1. Ketepatan waktu: kereta hampir tidak pernah terlambat. Waktu rata-rataketerlambatan tahunan per kereta adalah 30 detik.
  2. Kenyamanan: kereta berjalan lancar dan tetap sangat bersih.
  3. Keselamatan: dalam 50 tahun operasi, tidak pernah ada kematian terkait kecelakaan.

Tentu saja semua ini adalah dikaitkan dengan teknologi, tapi para staf-staf dan struktur juga sangat mempengaruhi hebatnya shinkansen ini

3 RAHASIA DIBALIK HEBATNYA KERETA PELURU JEPANG, SHINKANSEN

RAHASIA #1: SANG KONDUKTOR MEMILIKI KEAHLIAN TINGKAT TINGGI 

unsexpected

Coba bayangkan, dalam setahun, 120.000 kereta melintasi lintasan Shinkansen Tokaido. Pada hari yang sibuk, lebih dari 400 kereta berjalan, sehingga ada 1 kereta setiap 3 menit.

Karena interval antara kereta sangat pendek, jika satu kereta terlambat bahkan sebentar itu akan mempengaruhi semua kereta yang datang di setelahnya itu, tapi rata-rata tahunan penundaan keberangkaan hanya 30 detik. Ini membutuhkan penundaan besar yang disebabkan oleh peristiwa seperti topan menjadi pertimbangan, jadi itu berarti kereta secara teratur tidak terlambat.

Karena tidak ada banyak platform, sangat penting bagi shinkansen untuk selalu tepat waktu sehingga mereka dapat melayani pelanggan sebanyak mungkin. Namun,apa itu sebenarnya alasan kereta begitu tepat waktu?

Alasan sebenarnya di balik kereta ketepatan waktu adalah konduktor. Karenashinkansen adalah sebuah kendaraan yang berteknologi tinggi, Anda mungkinberpikir bahwa konduktor memiliki pekerjaan mudah, tetapi hal itu tidak terjadi.Berikut adalah beberapa rahasia di balik shinkansen melakukan.

Perhitungan Kecepatan Selalu Ekstra Akurat
Konduktor shinkansen mesti memiliki kemampuan yang cukup bagus dalam perhitungan sehingga kereta siap sampai tepat waktu dan tidak bentrok dengan kereta lain. Ngomong-ngomong, ketika kereta lepas dan keluar dari Stasiun, konduktor mengumumkan lamanya atau seberapa cepat keretanya melaju dalam satuan detik, semua perhitungan waktu hanya menggunakan arloji saku sesuai yang diberikan oleh perusahaan. Seperti ini penampakannya
jam arloji

 

RAHASIA #2: KEAJAIBAN STAF PEMBERSIHAN

Staf pembersih shinkansen

Tidak hanya konduktor yang handal yang hebatnya kedisipilanan kereta ap di Jepang, Namun staff pembersinya yang luar biasa ini juga memberi pengaruh besar. Ketika kereta mencapai pemberhentian yang terakhir, sebelum berbalik dan berangkat ke tujuan berikutnya, kurang lebih ada dua belas menit (tidak termasuk proses penumpang keluar dan masuk), Nah jadi dalam waktu yang sesingkat itu para staf membersihkan dengan cepat sehingga bagian dalam shinkansen kembali mengkilap.

Agar lebih mudah memahami betapa cepatnya kerja staf pembersih kereta shinkansen, coba saksikan video aksi pembersihan oleh staf berikut ini:

Setelah staf selesai membersihkan, mereka berbaris dan memberi salam dengan membungkuk hormat kepada penumpang menunggu.

staf pembersih menunduk

RAHASIA #3: PENGECEKAN SISTEM KEAMANAN YANG CUKUP DETAIL

Sebagai contoh, selama 50 tahun beropeasinya shinkansen, belum pernah ada satupun kasus kematian yang berhubungan dengan kecelakaan shinkansen.

Setiap dua hari sekali, Inspektur terlihat memerika kereta Shinkansen.  Mereka juga memeriksa kabel udara yang mengambil energi melalui pentograph dan degradasi rem. Sebulan, sekali shinkansen juga dilakukan pemeriksaan lengkap. Mereka menyalakan power dan memeriksa apakah semuanya itu berjalan sebagaimana mestinya.

Anda dapat melihat perhatian yang sangat detail terutama pada pengecekan bulanan. Ada 4 orang yang masing-masing memeriksa kondisi baut sehingga jika salah satu dari baut memiliki kecacatan mereka dapat benar-benar berubah. Selain itu, pintu juga diperiksa. Ada 27 titik untuk memeriksa pintu. Jika salah satu pintu bermasalah, itu akan menjadi penghambat bagi para penumpang yang naik-turun, dan bisa menyebabkan keterlambatan jadwal.

Setiap enam bulan, motor dan flatcar yang melekat pada roda dibongkar. Rotasi motor akan diperiksa untuk melihat apakah salah satu sumbu roda bermasalah.

Setiap tiga tahun sekali, ada inspeksi keseluruhan besar. Hampir seluruh kereta itu dibongkar dan benar-benar diperiksa lebih dari setengah bulan. Setelah itu, itu juga dilakukan pengecetan dengan warna segar.

Satu kereta (16 gerbong) diperiksa lebih dari 500 kali dalam 3 tahun. Jumlah besar inspeks iyang mereka lakukan dirahasiakan untuk menjamin keamanan penumpang. Tentu saja, setelah pemeriksaan, kereta dibersihkan secara menyeluruh.

INSPEKSI KERETA API  PADA KECEPATAN YANG TEPAT

Tenyata ada kereta khusus disebut Dr Yellow yang melaju di trek pada kecepatan 270 km/jam yang memeriksa kondisi rel, kabel udara dan sinyalDr. Yellow sering tidak terlihat sehingga jika Anda berhasil melihatnya jika berkunjung ke jepang, maka anda bisa menganggap diri anda orang yang beruntung

Dr Yellow

Dr. Yellow memeriksa dua poin berikut:

  1. Kereta api check: memeriksa rel dengan laser dan mengukurkesenjangan 1 milimeter.
  2. Check kabel udara: memeriksa keausan pada kabel (Karena setiap hari tergeser oleh pantographs)
Inspeksi ini dilakukan malam setiap hari, dan staf yang melaksanakanperbaikan ini sekitar 3000 orang setiap malam

MESIN PERTAMA DI DUNIA PENGGANTI BALLAST

Batu-batu yang diletakkan 1 meter di bawah trek disebut ballast, dan terus tenggelam oleh getaran kereta bergerak. Kegunaan ballast ini untuk meredam getaran dan suara bising.

Ballast

Karena shinkansen berjalan pada kecepatan tinggi setiap hari, itu mengikislapisan atas batu. Karena itu, mereka mengubah ballast setiap hariSebenarnya,Mesin ini dibuat di Jepang dan merupakan mesin pertama dari jenisnya di dunia.
mesin mengatur ballast
Apa pendapat Anda tentang shinkansen sekarang? Keajaiban bukan semata karena teknologi, namun juga kehandalan orang-orang dan struktur .

Komentar Anda

Most Popular

To Top