All for Joomla All for Webmasters
Eduinfo

Kemristekdikti: Unimed Peringkat 1 Sumatera Utara, Peringkat 29 Se-Indonesia

baguskali.com

Rasa haru dan bersyukur kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa bagi seluruh civitas akademika Unimed atas prestasi yang diperoleh Universitas Negeri Medan, karena telah didaulat Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia sebagai Perguruan Tinggi Terbaik ke-29 dari 3.320 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Keputusan Pemeringkatan Perguruan Tinggi ini di tuangkan dalam Keputusan Menristekdikti No. 492.a/M/Kp/VIII/2015 tentang Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia Tahun 2015. Ada 4 kriteria yang menjadi indikator dalam pemeringkatan tersebut, diantaranya yakni : a. Kualitas Sumber Daya Manusia, b. Kualitas Manajemen, c. Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan, dan d. Kualitas Penelitian dan Publikasi Ilmiah. Dalam lampiran Surat Keputusan tersebut, Unimed berada pada peringkat ke-29 dengan nilai skor total 2.353.

Berita ini tentunya melegakan hati dan pikiran seluruh civitas akademika Unimed, karena belakangan ini cukup heboh pemberitaan di media sosial baik grup-grup komunitas alumni IKIP Medan/Unimed, berbagai grup mahasiswa Unimed dan media cetak di Sumatera Utara terkait pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia versi webometrics dan versi 4ICU. Tidak sedikit juga masyarakat yang mempertanyakan indikator pemeringkatan tersebut yang dikeluarkan versi keduanya. Namun pemeringkatan Perguruan Tinggi yang dikeluarkan Kemenristekdikti ini indikatornya jelas untuk mengukur dan menilai perguruan tinggi di Indonesia.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd di ruang kerjanya, Kamis (3/2), mengatakan bahwa informasi klasifikasi dan pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti RI ini sungguh sangat positif bagi kita civitas Unimed untuk berbuat lebih baik lagi, terutama terhadap 4 indikator yang menjadi acuan tersebut yakni ; SDM, manajemen, kegiatan kemahasiswaan dan penelitian dan publikasi ilmiah. Kami civitas Unimed sangat bersyukur kepada Allah SWT Tuhan YME atas prestasi ini, karena Unimed berada pada peringkat 29 dari 3.320 perguruan tinggi di Indonesia ini hasil penilaian objektif yang dikeluarkan pemerintah. Semoga prestasi ini menjadi pendorong dan pengguat komitmen bagi kita pimpinan Unimed dan seluruh civitas Unimed untuk terus melakukan yang terbaik untuk kemajuan dan prestasi Unimed dalam bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan.

Lanjut Prof. Syawal, kami pimpinan Unimed akan melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan Unimed menjadi perguruan tinggi terbaik secara nasional dan internasional. Kita akan selalu belajar dari semua pihak, jika ada sesuatu program dan kegiatan yang baik dilakukan oleh siapapun dan kita Unimed bisa untuk melakukannya agar mendukung peningkatan prestasi dan kemajuan Unimed, pasti kita akan lakukan dengan pola yang terbaik. Saya berharap semua civitas Unimed tetap kerja keras, benar dan ikhlas, serta kita bangun kebersamaan dalam mewujudkan mimpi besar kita dalam mewujudkan Unimed menjadi World Class University.

SK dan Daftar lengkap pemeringkatan oleh Kemenristekdikti dapat dilihat di:
1. http://ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/02/SK-klasifikasi20151.pdf dan
2. http://ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/02/klasifikasi20151.pdf

Komentar Anda

Most Popular

To Top