All for Joomla All for Webmasters
Featured

Bebas Visa di 9 Negara Ini Untuk Paspor Indonesia

baguskali.com

Visa adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah negara memberikan seseorang izin untuk masuk ke negara tersebut dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu. Beberapa negara mewajibkan adanya visa untuk kita bisa masuk ke negara tersebut seperti ke Eropa, Amerika, dan beberapa negara di Asia.

Jika anda baru mau ke luar negeri untuk pertama kalinya, maka negara-negara di ASEAN bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena apa? Ya, karena Anda tidak membutuhkan visa untuk ke sana!

Ingin mencoba ke luar negeri untuk pertama kalinya, tapi Anda tidak mau repot mengurus visa? Maka pergilah ke negara-negara di ASEAN saja terlebih dahulu! Salah satu isi perjanjian antara Indonesia dengan negara ASEAN lainnya adalah warga nergaranya bisa bebas berlibur ke negara-negara itu selama durasi tertentu (bervariasi antara 14-30 hari) per sekali kunjungan. Negara mana saja yang termasuk di dalamnya?

1. Brunei Darussalam

Selain menjadi negeri penghasil minyak terbesar di Asia Tenggara, Brunei memiliki istana kenegaraan terbesar di dunia, yaitu Istana Nurul Iman. Istana yang menjadi tempat tinggal Sultan Hassanal Bolkiah memiliki luas bangunan yang mencapai 300 hektar. Untuk Anda yang suka diving, Brunei menawarkan beberapa tempat menyelam yang sangat bagus untuk fotografi makro, seperti Blue Water Wreck, Cement Wreck, Australian Wreck, dan Rig Reef. Warga Indonesia bisa berlibur di Brunei tanpa visa selama maksimal 14 hari.

Masjid Omar Ali Saifuddin, ikon negara Brunei

2. Filipina

Sama seperti Indonesia, Filipina merupakan negara kepulauan yang terkenal dengan pantai-pantai berpasir putih indahnya, serta budaya dan sejarahnya yang sangat kuat. Anda bisa berkunjung ke banyak tempat selama berada di Filipina mulai dari Manila, Cebu, Boracay, hingga Palawan yang dinobatkan sebagai pulau terbaik di dunia menurut Conde Nast Traveler 2014. Anda pun dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti snorkeling, diving, berjemur, hingga aktivitas yang penuh adrenalin misalnya “zipline” dan berenang bersama whale-shark. Semua kegiatan ini bisa Anda lakukan di salah satu negara teramah di dunia ini. Warga Indonesia bisa berlibur tanpa visa selama 21 hari di Filipina.

Boracay, pantai paling populer di Filipina

3. Kamboja

Kamboja bisa menjadi alternatif Anda jika Anda sudah mulai bosan dengan Thailand. Banyak candi bersejarah dan lanskap cantik berada di negara ini. Anda bisa berjalan-jalan menikmati street food di Phnom Penh, ke Siam Reap yang merupakan titik awal sebelum ke Angkor Wat yang juga merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO, hingga Sungai Mekong, yang masih menjadi rumah dari lumba-lumba air tawar. Warga Indonesia bisa berlibur selama maksimal 30 hari di Kamboja, tanpa visa.

Angkor Wat, salah satu situs warisan dunia UNESCO

4. Laos

Dahulu dikenal sebagai salah satu negara termiskin dan terlupakan di Asia Tenggara, Laos kini telah berubah. Dunia pariwisatanya bahkan menjadi salah satu faktor terbesar yang mendorong pertumbuhan ekonomi negara ini. Anda bisa melihat situs warisan dunia UNESCO di Luang Prabang, menjelajah gua misterius Pak Ou Caves, mengikuti jalan-jalan bersejarah di situs arkeologi Plain of Jars, dan bersantai sore sambil menikmati matahari tenggelam di belahan Sungai Mekong yang ada di Vientiane. Warga Indonesia bisa berlibur di Laos selama 30 hari tanpa visa.

Salah satu bangunan di Luang Prabang

5. Malaysia

Dengan beragam pilihan makanannya, mulai dari makanan India, makanan Malaysia-Cina, Peranakan, hingga makanan barat, tak heran jika Malaysia adalah salah satu negara yang memiliki street food terasyik di Asia Tenggara. Bukan cuma Jalan Alor di Kuala Lumpur, Penang juga merupakan surga dari makanan enak. Malaysia juga menjadi negara favorit anak-anak karena keberadaan Legoland di salah satu kotanya. Setiap orang Indonesia bisa berlibur di Malaysia hinggal 30 hari lamanya tanpa visa.

Petronas, ikon kota Kuala Lumpur, Malaysia

6. Myanmar

Berkunjung ke Myanmar bisa jadi memberikan pengalaman yang berbeda untuk Anda. Dengan pola hidup yang masih sangat tradisional, berlibur ke Myanmar seakan-akan membawa Anda kembali ke lorong waktu, tapi dalam artian yang sangat positif. Anda bisa menikmati keindahan kotanya yang penuh dengan pagoda indah dari atas balon terbang di Bagan, atau memandangi Golden Rock di Gunung Kyaiktiyo yang mencengangkan. Jelajahi Myanmar tanpa perlu visa selama 14 hari saja!

Deretan pagoda cantik di Myanmar.

7. Singapura

Singapura adalah tetangga terdekat Indonesia dan merupakan destinasi liburan favorit bagi warga Indonesia. Kenapa? Tentu saja karena Singapura menawarkan berbagai macam atraksi yang disukai masyarakat dari berbagai kalangan usia; ada Gardens by the Bay, Resort World Sentosa, Marina Bay Sands, Universal Studio Singapore, hingga pusat perbelanjaan yang sangat menarik bagi kaum hawa, seperti Orchard Road, Bugis, Little India, dan Kampong Glam. Warga Indonesia bisa bebas berlibur ke Singapura tanpa visa hingga maksimal 30 hari.

Pemandangan Marina Bay Sands dari tengah jalan

8. Thailand

Hasil pencarian Skyscanner mencatat bahwa Thailand adalah salah satu negara terfavorit bagi traveler Indonesia. Biaya hidup di Thailand yang terkenal murah bagi wisatawan Indonesia tentu menjadi salah satu daya tariknya. Belanja di Chatchucak Market di Bangkok pun bisa menjadi adalah kegiatan favorit sebagian besar wisatawan. Tapi jangan lupa, Bangkok adalah negara penuh budaya dan arsitektur kelas atas. Negara ini adalah salah satu negara dengan jumlah umat Buddha terbesar di dunia sehingga tidak mengherankan apabila Anda melihat banyak candi indah tersebar di penjuru negeri. Bukan itu saja, Thailand memiliki beberapa pantai terbaik yang ada di dunia, seperti Phi Phi Island, Phuket, Krabi, Hua Hin, dan Koh Samui. Jelajahi keragaman Thailand tanpa perlu memikirkan visa selama 30 hari lamanya.

Pha Nga Bay, salah satu wisata alam populer di Thailand

9. Vietnam

Dengan pemandangan alam yang sangat indah, berlibur di Vietnam akan memberikan kesan tak terlupakan untuk Anda. Naiklah ke atas kapal dan nikmati bebatuan indah di tengah sungai di sepanjang Halong Bay. Setelahnya, “live like a local” dengan merasakan ramainya jalanan di Vietnam sebelum akhirnya beristirahat dan menikmati makanan-makanan khas Vietnam yang menghangatkan perut. Berkunjung ke Vietnam tidak memerlukan visa dan Anda bisa melakukannya selama 30 hari.

Halong Bay, Vietnam

Jadi, segera siapkan paspor anda, cek tujuan anda, cek reservasi hotel, dan segera booking tiket penerbangan Anda. Selamat berwisata. (Sumber: skyscanner.co.id)

Komentar Anda

Most Popular

To Top