All for Joomla All for Webmasters
Bisnis

Karyawati Bank Swasta Lulusan USU Ini Memilih Menjadi Pebisnis Craft Indie

baguskali.com

Pebisnis craft indie Roma Kasihta Sinaga (RKS), yang membuat kerajianan rajut seperti baju dewasa, baju bayi, topi, jilbab, bros jilbab, tas, dll sesuai pesanan semua dibuat dengan bahan enang rajutan, yang berproduksi di Pematangsiantar.

Roma adalah sarjana lulusan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (FP USU). Sempat bekerja di salah satu bank swasta di Pematangsiantar. Tapi setelah menikah dia memutuskan untuk mengembangkan usaha rajutan untuk menjadi craft indie.

Saat ini usaha sudah berjalan 3 bulan tanpa sepi pembeli dan selalu ada pesanan. Awalnya marketnya adalah lingkaran keluarga, teman, bahkan relasi disaat bekerja di Bank pun menjadi pelanggannya. untuk bulan kedua sudah mendapat cukup banyak pesanan dari luar kota.

“Untuk mempromosikannya saya menggunakan media sosial seperti facebook, bbm, wa, line dan instagram. Produk ini diberi nama RKS (Rajutan Koleksi Saya) yang sebenarnya adalah inisial dari nama saya,” ujar Roma.

Dari sekian banyak industri kreatif yang berkembang di Indonesia, bisnis kerajinan tangan merupakan salah satu bidang usaha yang tak pernah ada matinya.

Meski produk kerajinan bukan menjadi barang kebutuhan pokok masyarakat Indonesia, namun seiring dengan meningkatnya daya beli konsumen di negara kita, sekarang ini produk kerajinan tangan laris manis diserbu konsumen dari berbagai jenis kalangan masyarakat.

Tak heran bila belakangan ini pertumbuhan bisnis kerajinan tangan juga mulai mewabah di berbagai penjuru daerah.

Ada dua jenis pebisnis kerajinan (craft). Yang pertama yaitu pebisnis craft yang membuat barang secara masal, dan yang kedua adalah pebisnis “craft indie”.

Craft masal bisa dibilang adalah mereka yang mengutamakan profit dan penjualan yang banyak dalam sistem kerjanya. Biasanya melibatkan modal besar, membuat dengan mesin, dan berusaha sebisa mungkin melakukan efisiensi bahan dan mutu.

Sedangkan pebisnis craft indie biasanya menyeimbangkan idealisme dan kebutuhan mencari profit. Crafter yang satu ini lebih menyukai membuat kerajinan secara manual dan personal, termasuk dalam pemilihan model dan bahan pun sesuai keinginan hati.

Dan biasanya memiliki strategi sendiri dalam memasarkan produknya.

Produk-produk yang sudah dipasarkan RKS antara lain:

nama : Roma Kasihta Sinaga SP
fb : Roma Kasihta Sinaga
instagram : roma_faisya16515
wa : 08566171166
Line : roma kasihta

Komentar Anda

Most Popular

To Top