All for Joomla All for Webmasters
Eduinfo

Ujian Nasional? Siapa Takut! Ini Tips Menghadapinya

baguskali.com

Kurang dari seminggu lagi jutaan siswa SMA dan sederajat di Tanah Air akan menghadapi Ujian Nasional (UN) 2016. Meski saat ini UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan, para siswa harus tetap melakukan berbagai persiapan agar memperoleh hasil yang memuaskan.

Mempelajari materi sejak kelas X sampai XII tentu bukan hal mudah, apalagi jika harus menghafal di luar kepala. Tak perlu khawatir, berikut ini beberapa tips belajar mudah untuk hadapi UN.

1. Lihat SKL dan Kisi-Kisi

Mengingat sedikitnya waktu, tidak efektif jika kamu harus membaca semua buku tebal yang pernah dipelajari di sekolah. Oleh karena itu, pahami saja standar kompetensi lulusan (SKL) untuk mempermudah materi apa saja yang harus dipelajari. Di samping itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui laman resmi UN sudah memberikan kisi-kisi materi UN 2016.

2. Banyak Berlatih Soal

“Bisa karena terbiasa.” Percuma saja kamu menghafal banyak materi tanpa berlatih soal. Saat ini contoh-contoh soal UN sudah banyak dan mudah didapat, bahkan bisa diakses melalui internet. Semakin banyak tipe soal yang dikerjakan, maka saat UN nanti kamu semakin lancar dan tidak kebingungan lagi.

3. Buat Jadwal Belajar Rutin

Jelang UN sudah bukan saatnya untuk belajar dengan keras. Kini saatnya kamu untuk me-review kembali materi-materi yang akan diujikan. Supaya teratur, tak ada salahnya jika kamu membuat jadwal belajar sehari-hari. Tak usah lama-lama, yang penting efektif.

4. Ikut dalam Kelompok Belajar

Dengan cara belajar berkelompok, kamu bisa saling berbagi dalam memecahkan soal-soal yang sulit bersama dengan teman-teman. Sesama teman juga bisa saling mendukung dan menyemangati.

5. Tetap Rileks

Mendekati UN sebaiknya jangan terlalu memforsir diri untuk belajar. Tetaplah santai dan rileks agar kamu tak merasa stres. Jika perlu, sempatkan untuk menghibur diri, seperti jalan-jalan atau olahraga untuk menghilangkan kepenatan dan rasa gugup jelang UN.

6. Jaga Kesehatan

Kesehatan sangat penting dalam menghadapi suatu ujian. Oleh karena itu, atur pola makan secara teratur, jangan banyak begadang, dan minum vitamin untuk daya tahan tubuh.

Semoga berhasil!

Komentar Anda

Most Popular

To Top