All for Joomla All for Webmasters
Olahraga

10 Sponsor Klub Sepakbola Yang Paling Setia

baguskali.com

Sponsor-sponsor utama klub sepakbola tak jarang harus membayar sangat mahal untuk bisa memunculkan logo mereka di depan kostum tim. Sudah sering kita dengan sebuah klub pindah sponsor dari produk A ke produk B. Tapi ada juga sponsor yang sangat setia sampai kita tidak bisa memisah klub tertentu ini dari logo produk di kostum mereka.

Berikut ini 10 sponsor utama klub sepakbola yang paling setia terpampang di kostum klub:

10. Atletico Nacional – Postobón (1997 – sekarang)
Club Atlético Nacional S. A. atau lebih dikenal sebagai Atletico Nacional adalah klub besar dari Kolombia. Mereka adalah penghuni tetap Categoría Primera A. Atletico Nacional termasuk salah satu klub terkuat dan paling konsisten di negara itu. Sponsor mereka adalah produsen minuman ringan mulai dari jus, teh, air, sampai soda.

9. Quilmes Atletico – Quilmes (1996 – sekarang)
Quilmes adalah sebuah klub dari kota Quilmes di Argentina. Markas mereka terletak di pesisir Rio de la Plata. Tim yang memakai nama kota ini juga disponsori oleh produsen bir, yang kebetulan juga memakai nama Quilmes. Quilmes telah menjadi sponsor utama Quilmes sejak 1996.

8. Internazionale Milan – Pirelli (1995 – sekarang)
Produsen ban berkualitas tinggi itu setia menemani jersey Inter Milan karena pemiliknya punya saham cukup besar tadinya. Tahun 2006 lalu Pirelli menjual mayoritas saham mereka kepada keluarga Massimo Moratti. Sebelumnya pernah ada beberapa sponsor, tapi sejak 1995 Pirelli sampai sekarang tetap menjadi sponsor utama.

7. Gamba Osaka – Panasonic (1992 – sekarang)
Nama Gamba Osaka diambil dari kata Italia “gamba” yang artinya kaki dan dalam bahasa Jepang juga ada “ganbaru” yang artinya melakukan yang terbaik. Klub ini dibentuk tahun 1980 oleh Matsushita Electric Industrial Co., Ltd. (kemudian berganti nama menjadi “Panasonic Corporation” sejak 2008).

6. Cruz Azul – Cemento Cruz Azul (1991 – sekarang)
Korporasi produsen ini menjadi pemilik tim, maka Cruz Azul akan selalu mendapat dukungan Cemento. Bahkan julukan klub ini pun “Klub Semen” karena begitu eratnya tim dengan sponsor. Mungkin bisa ada beberapa sponsor lain di kostum tim, tapi nama Cemento pasinya harus tetap ada di tengah dan dominan.

5. Club America – Coca-Cola (1990 – sekarang)
Club de Fútbol América S.A. de C.V. atau lebih dikenal sebagai Club America atau America sebenarnya adalah klub yang berbasis di Meksiko. Klub ini punya julukan Las Aguilas (Sang Elang). Klub ini sudah disponsori Coca-Cola sejak 1990 dan telah menambah sponsor-sponsor baru. Tapi sponsor tetap, produsen minuman soda dari Amerika Serikat selalu ada di kostum tim.

4. Wolfsburg – Volkswagen (1990 – sekarang)
Kota Wolfsburg adalah markas pabrik mobil Volkswagen. Jadi wajar mereka menjadi sponsor dari klub yang punya nama yang sama dengan kota tempat mereka bermarkas. Bahkan kota ini dibangun oleh VW. Wolfsburg telah membawa nama salah produk andalan Jerman di seluruh Eropa. Mereka harus tersingkir di perempat final setelah kalah dari Real Madrid.

3. Yokohama Marinos – Nissan (1988 – sekarang)
Yokohama Marinos dibentuk oleh Nissan Motors hasil dari merjer dua klub, Yokohama Marinos dan Yokohama Fugels. TIdak mengherankan mereka disponsori oleh Nissan tahun 1988. Setelah hampir 30 tahun membawa logo perusahaan ini di baju tim, mereka tidak bisa dilepas tanpa menghubungkannya dengan Nissan.

2. PSV – Philips (1982 – sekarang)
Klub papan atas dari Belanda itu tak bisa lepas dari sponsor resmi mereka sejak 1982. Bahkan nama klub pun sudah berbau sponsor. PSV singkatan dari Philips Sport Vereniging. Perusahaan perkakas elektronik itu juga menjadi sponsor stadion. Bahkan klub ini didirikan tahun 1913 karena diperuntukkan bagi para pegawai Philips.

1. CSD Rangers – PF (1977 – sekarang)
El Club Social de Deportes Rangers dari kota Takca, Chili. PF adalah produk yang berasal dari kota yang sama. Sejak 1977, PF telah berkomitmen untuk membangun tim lokal. Karena itulah mereka tetap setia menjadi sponsor Rangers. Dengan komitmen semacam ini, tak ada rasa kuatir bahwa klub akan kehilangan sponsor jika terdegradasi sekalipun.

Komentar Anda

Most Popular

To Top