All for Joomla All for Webmasters
Featured

Tips Aman Mengenal dan Mengajarkan Bayi Berenang

baguskali.com

Berenang merupakan salah satu aktivitas favorit anak-anak, latihan air ini sangat bermanfaat untuk kesehatan anak. Akan tetapi masih banyak orang tua yang masih bertanya-tanya ketika akan mengajarkan anaknya berenang, kapan waktu yang tepat untuk memulai mengajarkan anak berenang. Perlu anda ketahui, pada usia bayi sudah memiliki kemampuan berenang. Hal ini berhubungan dengan kemampuan bayi di dalam kandungan yang sudah terbiasa dengan air ketuban. Sebenarnya pada usia EMPAT BULAN, bayi telah memiliki kemampuan refleks menyelam.

Sebelum anda mengajarkan bayi berenang sebaiknya anda membiasakan bayi anda dengan akifitas air, salah satu contohnya adalah membuat kebiasaan mandinya menyenangkan, sesekali anda dapat memberikan percikan air di atas tubuhnya. Selanjutnya, sebelum mengajak bayi anda ketempat berenang. Anda dapat memilih tempat berenang yang memberikan kenyaman untuk anda dan anak atau anda dapat mendaftarkan ke kelas berenang khusus bayi. Dengan bantuan kelas berenang khusus bayi maka akan mengurangi kekhawatiran anda sebagai orang tua, walaupun sebenarnya peranan besar berada pada orang tua pada kelas berenang. Kelas berenang bayi biasanya terdiri dari sekitar 10 bayi yang akan dipandu oleh satu instruktur. Instruktur akan membagi beberapa sesi sehingga kegiatan berenang menjadi santai dan menyenangkan.

Berikut adalah tips aman mengajarkan bayi anda untuk berenang :

1.    Pilihan kolam berenang

Beda halnya dengan mengajarkan berenang pada anak, pada saat anda mengajarkan pada bayi sebaiknya memperhatikan beberapa hal diantaranya adalah pilihan kolam renang yang memberikan kelas khusus untuk ibu dan bayi. Hal ini  bertujuan untuk memberikan keamanan dan kenyaman selama anda dan bayi di tempat berenang umum.

2.    Perhatikan kondisi kesehatan anda dan bayi

Dalam memberikan kenyaman selama melakukan berenang bersama anak anda sebaiknya anda pastikan kondisi kesehatan anda dan juga bayi. Apabila bayi anda mengalami masalah kembung atau gangguan pencernaan lainnya sebaiknya tidak melakukan aktifitas berenang.

3.    Selama berenang berikan rasa aman

Bayi memiliki ikatan batin yang sangat kuat dengan orang tua, ketika melakukan aktifitas renang sebaiknya mengajarkan bayi anda berenang dengan menjaga kontak mata dengannya, berikan senyum dan dorongan untuk belajar berenang.

4.    Perkenalkan kolam berenang pada bayi

Salah satu cara terbaik dalam memperkenalkan kolam renang pada bayi adalah dengan meletakan bayi di tepi kolam kemudian melatihnya sedikit demi sedikit agar tidak kaget, salah satu caranya anda dapat duduk di tepi kolam kemudian memasukan bayi anda setengah badan ke dalam kolam renang kemudian mengangkatnya, apalagi bayi anda sudah mulai terbiasa.

5.    Pake krim perawatan kulit

Khusus untuk bayi yang memiliki masalah dengan kulitnya, sebelum berenang sebaiknya diberikan gel yang dapat membantu mengurangi resiko kesehatan kulit. Untuk dapat memastikan penanganan khusus sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter anak, sehingga tidak mengganggu kenyamanan bayi anda setelah berenang.

6.    Tunjukkan keberanian anda saat berenang

Anda dapat meyakinkan bayi anda, jika berenang merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan. Letakkan mulut anda di bawah air dan tunjukan pada bayi anda bagaimana untuk meniup gelembung. Ini adalah pelajaran penting bagi bayi anda. Kemudian anda dapat mengambil posisi denga cara membaringkannya telentang dengan kepala bersandar di bahu Anda. Dorong dia untuk menendang kakinya.

Komentar Anda

Most Popular

To Top