All for Joomla All for Webmasters
Eduinfo

Jepang Berencana Masukkan Pemrograman Sebagai Mata Pelajaran Wajib di Sekolah

baguskali.com

Pemerintah Jepang melalui MEXT (Ministry of Education, Culture, Sports, Science, and Technology) sedang berencana untuk memasukkan pemrograman komputer sebagai mata pelajaran wajib di sekolah dasar, sekolah menegah pertama, dan sekolah menengah atas. Untuk sekolah dasar, pemerintah Jepang berencana untuk memulainya pada tahun 2020, diikuti oleh sekolah menegah pertama pada tahun 2021, dan sekolah menengah atas pada tahun 2022.

Di beberapa kota seperti Koga di Prefektur Ibaraki dan Takeo di Prefektur Saga, pemrograman komputer telah masuk ke sekolah dasar melalui kerjasama dengan beberapa perusahaan dan relawan. Hal yang dilakukan oleh pemerintah kota setempat dilaporkan berhasil meningkatkan minat belajar siswa. Keberhasilan kedua kota ini menjadi acuan bagi kementrian pendidikan Jepang dalam menerapkan kelas pemrograman komputer di daerah lain.

Langkah yang dilakukan oleh pemerintah Jepang ini mengikuti keberhasilan negara-negara lain seperti Israel dan Inggris yang lebih dahulu menyisipkan pemrograman sebagai mata pelajaran wajib di sekolah. Inggris bahkan telah mewajibkan siswa yang berumur lebih dari lima tahun untuk belajar.

Akankah pemrograman menjadi salah satu mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah Indonesia di masa yang akan datang? Kita tunggu saja :).

(the-japan-news)

Komentar Anda

Most Popular

To Top