All for Joomla All for Webmasters
Featured

Gempar! Shalat Tarawih di Blitar Tercepat di Dunia

baguskali.com

Jika ada rekor dunia untuk shalat tarawih tercepat, maka shalat tarawih di masjid ini akan menjadi pemecah rekornya. Bayangkan, tarawih 20 rakaat ditambah witir 3 rakaat hanya diselesaikan dalam waktu 7 menit. Fantastis.

Tarawih tercepat di dunia ini adanya di Masjid Pondok Pesantren Manba’ul Hikam di Desa Mantenan, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Menurut KH Dhiyauddin Azzamzami, shalat tarawih cepat ini telah dilakukan secara turun temurun sejak satu abad yang lalu.

“Saya ini hanya mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh para sesepuh. Kami tidak berani mengubahnya,” ucap KH Diya’uddin Az-Zamzami, pengasuh pesantren Mambaul Hikam. Pesantren itu sendiri didirikan oleh KH Abdul Ghofur sekitar 160 tahun lalu.

Pelaksanaan salat tarawih ngebut itu dimulai sejak setahun setelah masjid berdiri pada 1907. Saat itu, warga sulit diajak tarawih karena tak mau meninggalkan pekerjaan masing-masing. Sehingga pendiri ponpes mencetuskan pelaksanaan tarawih yang membuat pekerja tak terlalu lama meninggalkan pekerjaannya.

Lalu bagaimana rahasianya agar bisa melakukan sholat kilat seperti itu?

Menurut Gus Diya’, salat secepat itu bisa dilakukan karena sang imam hanya melafalkan doa yang wajib-wajib saja. Misalnya niat, takbirotul ihram, baca Fatihah dan ayat pendek Al-Qur’an hingga salam.

“Doa ruku’ kita singkat cukup ‘Subhanallah‘. Lainnya hanya “Allah-Allah” saja. Tahiyat akhir juga hanya sampai bacaan shalawat untuk nabi Muhammad kemudian salam,” jelas Gus Diya’.

Tarawih tercepat di dunia ini juga menyedot perhatian masyarakat sekitar hingga dihadiri sekitar 2000 jamaah dari Blitar dan daerah lain di sekitarnya.

Karena begitu cepatnya, shalat tarawih ini pun menimbulkan kontroversial, terutama setelah diliput dan masuk televisi beberapa tahun lalu. Sebagian yang tidak setuju dengan tarawih yang sangat cepat ini mengatakan tidak ada tuma’ninah dalam shalat tarawih tersebut. Dan juga menyelisihi sabda Rasulullah.

إِذَا قُمْتَ إِلَى الصَّلَاةِ فَكَبِّرْ ثُمَّ اقْرَأْ مَا تَيَسَّرَ مَعَكَ مِنْ الْقُرْآنِ ثُمَّ ارْكَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ رَاكِعًا ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَعْتَدِلَ قَائِمًا ثُمَّ اسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ جَالِسًا ثُمَّ اسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا ثُمَّ افْعَلْ ذَلِكَ فِي صَلَاتِكَ كُلِّهَا

“Jika engkau hendak mengerjakan shalat maka bertakbirlah, lalu bacalah ayat al Quran yang mudah bagimu. Kemudian rukuklah sampai benar-benar rukuk dengan tumakninah, lalu bangkitlah (dari rukuk) hingga engkau berdiri tegak, setelah itu sujudlah hingga benar-benar sujud dengan tumakninah, lalu angkat (kepalamu) untuk duduk sampai benar-benar duduk dengan tumakninah, setelah itu sujudlah sampai benar-benar sujud, Kemudian lakukan seperti itu pada seluruh shalatmu” (HR Bukhari dan Muslim).

BERIKUT VIDEONYA

 

Komentar Anda

Most Popular

To Top