All for Joomla All for Webmasters
Featured

Ini Manfaat Puasa bagi Kesehatan

baguskali- Umat muslim diseluruh dunia, kini sedang melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Bulan Ramadhan juga dijadikan momen meningkatkan keimanan. Namun, tahukah anda bahwa berpuasa sangat bermanfaat bagi kesehatan?

Dilansir dari Boldsky, ada tujuh manfaat berpuasa bagi kesehatan. Yuk kita simak.

Menurunkan berat badan

Jika Anda menghindari kebiasaan makan manis dan berminyak selama Ramadhan, maka dapat menurunkan berat badan dengan mudah. Jika saat sahur dan berbuka puasa diet Anda seimbang dan sehat, maka akan mengalami penurunan berat badan.

Meningkatkan pengendalian diri

Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk mengontrol diri, terutama terhadap makanan. Anda dapat mengendalikan kebiasaan makan makanan tidak sehat dan rutin berolahraga ringan selama Ramadhan.

Menurunkan kolesterol

Selama Ramadhan, seseorang cenderung makan di rumah dua kali dalam sehari. Selain itu, selama berpuasa juga bisa seseorang akan menghindari makanan cepat saji, junk food dan makanan tidak sehat lainnya. Hal ini akan mengurangi kadar lemak dalam darah dan kolesterol jahat.

Mengurangi gaya hidup tak sehat

Pada hari-hari biasa Anda lebih sering merokok atau minum alkohol, tetapi tidak saat Ramadhan. Hal ini akan mengurangi rasa kecanduan Anda terhadap rokok dan alkohol, sehingga hidup lebih sehat.

Mendetoksifikasi tubuh

Puasa adalah cara terbaik untuk mendetoksifikasi sistem tubuh Anda. Karena, tubuh ‘beristirahat’ dari asupan makanan junk food dan makanan tidak sehat lainnya.

Meningkatkan kekebalan

Studi telah menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, sistem pencernaan juga dapat menghasilkan cairan lebih sehat.

Mengurangi resiko hipertensi

Saat berpuasa, tingkat metabolisme tubuh berkurang, begitu juga dengan kadar lemak darah. Hal ini pada akhirnya membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan penyakit terkait. (aul/int)

Komentar Anda

Most Popular

To Top