All for Joomla All for Webmasters
Featured

Tahukah Anda? Makanan Khas Indonesia Ini bukan Asli Indonesia

baguskali- Indonesia termasuk memiliki surga kuliner yang kaya. Makanan-makanan khas Indonesia dikenal lezat dan enak, bahkan terkenal hingga ke seluruh dunia.

Namun, tahukah anda jika makanan khas Indonesia ini, ternyata bukan berasal dari Indonesia. Mau tahu apa aja makanan khas Indonesia yang bukan berasal dari Indonesia? Yuk dilihat.

1. Nasi Goreng

Makanan ini sudah sangat buming buat orang Indonesia. Enak dinikmati kapan saja dan dimana saja. Tapi lebih resep lagi kalau dimakan di malam hari. Selain itu gak terlalu susah buat mendapatkan nasi goreng, karena hampir disetiap sudut pasti ada pedagang nasi goreng.

Nasi goreng Indonesia memang terkenal lezat, bahkan artis-artis luar kalo lagi manggung di Indonesia salah satu makanan yang pengen dicoba adalah nasi goreng. Tapi tau gak kamu kalau ternyata nasi goreng itu berasal dari Tiongkok. Jadi konon katanya nasi goreng ini udah ada sejak 4000 SM. Nasi goreng tercipta karena bangsa Tionghoa gak suka makan makanan dingin atau sisa kemarin. Jadi nasi dingin tersebut akhirnya digoreng lagi biar bisa dihidangin lagi ke meja makan.

2. Mie

Mie juga sudah menjadi bagian dalam kehidupan orang Indonesia. Kamu gak bakal sulit untuk menikmati mie di Indonesia. Tapi walaupun sudah gak bisa dilepaskan dari Indonesia, ternyata mie bukan berasal dari Indonesia. Makanan yang terbuat dari adonan tipis dan panjang yang digulung ini diklaim oleh Italia, Tiongkok, dan Arab sebagai negara penemu mie. Tapi sebuah tulisan tertua mengenai mie itu ternyata berasal dari Dinasti Han Timur, antara tahun 25 dan 220 Masehi.

3. Siomay

Salah satu makanan sampingan yang paling populer di Indonesia. Terbuat dari tepung, kulitny dari kulit pangsit, dan isinya beragam. Ada yang isinya ikan, sapi. Siomay juga didukung sama kol, kentang, tahu, telor, kacang, kecap, dan jeruk nipis.

Tapi kalau kamu negrasa siomay itu adalah makanan asli Indonesia, maka kamu salah, karena ternyata siomay itu ditemukan bangsa Mongolia Dalam.

4. Soto

Kayaknya dari sabang sampe marauke ada banyak soto. Hebatnya bentuk, cara penyajian, dan rasanya beda-beda. Ada soto Betawi, soto Padang, soto Makasar, soto Pekalongan, soto Madura, soto Medan. Ya pokoknya banyak deh soto di Indonesia. Walaupun kayaknya melekat banget sama Indonesia tapi konon ternayta soto itu berasal dari Tionghoa.

5. Bakso

Makanan yang terbuat dari daging yang diolah kemudian di bulet-buletin barengan tepung ini adalah makanan yang enak disantap dikala hujan. Dengan kuahnya yang panas, membuat badan kembali hangat.

Nah, ternyata bakso juga bukan berasal dari Indonesia loh, melainkan berasal dari Tionghoa. Bakso berasal dari kata Bak-So, yang dalam Bahasa Hokkien yang berarti daging giling. Tapi buku masakan kuno Romawi banyak juga ngebahas tentang resep bakso. (aul/int)

Komentar Anda

Most Popular

To Top