All for Joomla All for Webmasters
Featured

Ini 5 Tanda Orang yang Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

baguskali.com

Di bulan Ramadhan terdapat satu malam yang sangat dinantikan kedatangannya oleh seluruh umat muslim, yaitu malam Lailatul Qadar. Pasalnya malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh dengan keberkahan. Bahkan malam ini lebih baik dari 1000 bulan dan siapa saja yang menghidupkan malam lailatul qadar dengan shalat, maka akan mendapatkan pengampunan dosa.

Rasulullah SAW mengungkapkan bahwa malam Lailatul Qadar terjadi diantara 10 malam terakhir Ramadhan dan diantara malam-malam ganjil. Oleh sebab itu, tidak sedikit umat Muslim yang meningkatkan kualitas ibadahnya pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan.

Namun ternyata untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar tidaklah mudah. Sehingga tidak semua orang bisa mendapatkannya. Terdapat 5 tanda orang yang mendapatkan malam Lailatul Qadar. Apa sajakah itu ? Berikut ulasannya.

1. Melihat benda dan makhluk di bumi bersujud kepada Allah SWT
Tanda pertama bagi orang yang mendapatkan Lailatul Qadar adalah ia akan melihat semua benda dan makhluk yang ada di muka bumi bersujud kepada Allah SWT. Sehingga pada malam tersebut, tumbuh-tumbuhan, hewan, manusia dan bangsa jin akan bersujud kepada Allah SWT. Begitu pula dengan benda-benda mati.

2. Melihat semuanya terang benderang meskipun di tengah malam
Tanda kedua bagi orang yang mendapatkan Lailatul Qadar adalah ia akan melihat semua dengan terang benderang meski dalam kegelapan malam. Sehingga pada malam tersebut semua akan terlihat terang benderang seakan-akan disinari oleh bulan purnama. Sehingga berbeda dengan malam biasanya.

3. Mendengar salam malaikat dan tutur katanya
Bagi orang yang mendapatkan Lailatul Qadar, pada malam tersebut ia akan mendengar salam dari malaikat dan tutur katanya. Ia akan mendengar suara tanpa rupa dan para malaikat tersebut sedang membicarakan orang-orang yang mendapatkan berkah dan pahala malam Lailatul Qadar atau membicarakan hal lainnya.

4. Segala doanya dikabulkan oleh Allah SWT
Bagi orang yang mendapatkan Lailatul Qadar, segala doa yang diucapkannya akan dikabulkan oleh Allah SWT. Sebuah sumber mengatakan bahwa doa orang yang mendapatkan Lailatul Qadar akan terkabul untuk 11 bulan selanjutnya, atau cepat atau lambat doa yang diucapkan akan dikabulkan oleh Allah Ta’ala.

5. Tidak diisyaratkan melihat apa-apa
Selain tanda-tanda yang telah disebutkan sebelumnya, orang yang mendapatkan Lailatul Qadar juga ada yang tidak melihat sedikitpun isyarat akan kedatangan malam Lailatul Qadar. Sehingga ia akan melihat semuanya seperti biasanya baik suasana alam ataupun hal lainnya.

Dalam sebuah riwayat dari Aisyah RA disebutkan bahwa, Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan, melebihi kesungguhan beliau di waktu yang lainnya.” (HR. Muslim)

Kemudian Aisyah RA juga berkata bahwa, “Apabila Rasulullah SAW memasuki sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, beliau mengencangkan sarungnya untuk menjauhi para istri dari berjima’, menghidupkan malam-malam tersebut dan membangunkan keluarganya.” (HR. Bukhari & Muslim)

Sehingga sudah seharusnya bila kita mengikuti apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW di 10 malam terakhir Ramadhan. Semoga kita bisa menjadi lebih dekat dengan Allah SWT dan bisa mendapatkan berkah malam Lailatul Qadar.

Komentar Anda

Most Popular

To Top