All for Joomla All for Webmasters
Eduinfo

Apa itu Skandal Panama Papers

baguskali.com

Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ) mempublikasikan bocoran dokumen rahasia mengenai skandal Panama Paper, yakni sebuah skandal mengenai dunia offshoreatau dunia tanpa pajak kerja. Publik dunia terhenyak mendengarnya lantaran skandal tersebut disebut-sebut menyebabkan kerugian sangat besar bagi banyak negara.

Apa itu Panama Paper? Seperti apa bentuk skandalnya? Di bawah ini, kami hadirkan tujuh hal yang perlu Anda ketahui mengenai skandal Panama Paper.

Baca juga: http://www.baguskali.com/2016/06/24/surga-orang-kaya-dunia-sembunyikan-uang/

1. Apa itu Panama Paper?

ICIJ dan koalisi media internasional, di mana dari Indonesia hanya diwakili oleh majalah Tempo, melakukan investigasi terhadap bocoran data sebesar 2,6 terabita mengenai informasi dunia offshoredari tahun 1977 hingga 2015. Informasi tersebut konon menyebut skandal bisnis yang dilakukan oleh para rekanan Presiden Vladimir Putin, pelanggaran kode etik bisnis para petinggi FIFA, hingga penyelewengan pajak beberapa pebisnis besar dunia.

2. Mengapa skandal ini disebut Panama Paper?

Selama hampir empat dekade lamanya, sebanyak lebih dari 11 juta dokumen offshore terhubung oleh Mossack Fonseca, sebuah firma hukum internasional yang berbasis di Panama. ICIJ menyebut bahwa firma ini melayani pembentukan perusahaan bodong dan pengelabuan pajak bagi banyak institusi bisnis global. ICIJ juga melaporkan bahwa pada audit 2015 lalu, Mossack Fonseca diketahui menyimpan rahasia 204 nama institusi bisnis terkemuka dunia dari lebih 14.000 perusahaan yang terdaftar di Seychelles, sebuah kepulauan kecil di Samudera Hindia yang terkenal sebagai surga pajak.

3. Apakah skandal Panama Paper terbukti ilegal?

Kumpulan dokumen tersebut tidak sepenuhnya mengindikasikan aktivitas ilegal. Namun, faktanya memang para perusahaan bodong dan akun fiktif tersebut dapat menjadi topeng untuk menyembunyikan transaksi dan kepemilikan finansial tertentu. Bocoran rahasia terkait juga menyebut beberapa nama dan perusahaan yang maduk daftar hitam di Eropa dan Amerika Serikat (AS) akibat keterlibatan pada perdagangan narkoba, terorisme, dan lain-lain.

4. Siapa saja yang terlibat dalam skandal Panama Paper?

Bocoran dokumen tersebut menyebut 12 nama pemimpin dunia (sekarang dan mantan), serta 128 politisi dunia dan beberapa figur publik terkenal. Selain Putin dan petinggi FIFA, skandal Panama Paper juga menyebut keterlibatan Perdana Menteri Islandia melalui akun milik istrinya.

5. Apakah sudah ada respon terhadap terkuaknya skandal Panama Paper?

Pusat pemerintahan Rusia, Kremlin, aktif menampik tudingan tersebut dengan ‘alasan’ menggangu rencananya tampilnya Putin pada pemilu mendatang Sementara itu, FIFA berkomentar bahwa skandal Panama Paper adalah hal yang konyol. Namun, beberapa negara seperti Inggris, Prancis, Australia,dan Meksiko telah mengumumkan komando investigasi untuk membuktikan kebenaran skandal tersebut.

6. Apa yang dikatakan oleh Mossack Fonseca?

Pada Senin (4/4) kemarin, Mossack Fonseca mengeluarkan pernyataan resmi yang menyayangkan tuduhan tersebut karena dianggap merusak reputasi sang firma selama hampir empat dekade lamanya beroperasi. Pendiri firma tersebut, Ramon Fonseca, mengatakan bahwa bocoran rahasia tersebut tidak benar, tidak akurat, dan beberapa kondisi yang disebutkan oleh ICIJ tidak pernah terhubung dengan para klien yang ditanganinya.

7. Bagaimana ICIJ mendapatkan bocoran skandal Panama Paper?

Sebuah sumber rahasia memberikan dokumen terkait kepada surat kabar Jerman, Suddeutsche Zeitung, dan kemudian disalurkan ke ICIJ. Beberapa organisasi media kemudian ikut melaporkan bocoran tersebut, seperti BBC, The Guardian, dan Tempo.

Komentar Anda

Most Popular

To Top