All for Joomla All for Webmasters
Featured

Negara dengan Pengguna VPN Terbanyak di Dunia, Indonesia

baguskali.com

Indonesia menduduki posisi teratas dalam daftar negara dengan pengguna Virtual Private Network (VPN) terbesar. Diperkirakan banyaknya situs yang diblokir oleh pemerintah menjadi alasan mengapa hal ini dapat terjadi.

VPN sendiri adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara pribadi melalui jaringan publik (Internet). Data yang dikirimkan akan terenkripsi sehingga aman dan tetap rahasia meskipun dikirim melalui jaringan publik.

Sekarang ini VPN sering digunakan sebagai alat untuk membuat alamat IP baru, atau berselancar internet secara anonim, sehingga bisa dipakai untuk menembus blokir internet di suatu negara. Banyak penyedia layanan yang memberikan VPN secara gratis namun dibatasi dengan banyaknya kuota yang dapat dipakai.

Berdasarkan data terbaru dari GlobalWebIndex yang dipublikasikan oleh Wired Jumat (18/3/2016), dua per lima warga Indonesia berselancar menggunakan VPN, mengalahkan Thailand dan Arab Saudi. Perusahaan asal Swedia tersebut mengungkap bahwa sekitar 41 persen pengguna internet di Indonesia aktif menggunakan VPN.

Negara lain yang membuntuti di bawah Indonesia adalah Thailand (39 persen), Turki, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Brasil (36 persen), Vietnam (35 persen), Taiwan (33 persen), dan Malaysia (32 persen). Uniknya Tiongkok yang memiliki aturan lebih ketat mengenai kebebasan berinternet hanya mencapai persentase 29 persen saja. Kebanyakan negara di Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang berada di bawah 20 persen.

Hasil tersebut diperoleh melalui survei yang melibatkan 200 ribu pengguna di 34 negara dan telah rutin dijalankan GlobalWebIndex sejak tahun 2013.

Penggunaan VPN lebih disebabkan untuk kebutuhan mengakses konten hiburan yang seringkali diblokir karena alasan sensor pornografi atau izin tayang. Hal inilah yang membuat layanan VPN sangat digemari di Asia dan Amerika Latin, mengingat layanan konten hiburan untuk negara-negara di benua tersebut kurang mendapat prioritas oleh pihak penyedia layanan.

Jason Mander, kepala riset pasar GlobalWebIndex mengatakan bahwa di beberapa negara seperti Tiongkok, Indonesia, dan Thailand, para pengguna memanfaatkan layanan VPN untuk mengakses situs yang diblokir oleh pemerintah (seperti Facebook dan Twitter di Tiongkok, atau Reddit dan Vimeo di Indonesia). Sementara bagi negara-negara Barat, VPN lebih digunakan untuk faktor privasi.

“Di negara seperti Tiongkok, Indonesia, dan Thailand, orang-orang memakai VPN untuk mengakali blokir pemerintah,” pungkas Mander.

Komentar Anda

Most Popular

To Top