All for Joomla All for Webmasters
Featured

Heboh! Harimau Jawa Muncul di Gunung Arjuno

baguskali- Lembaga konservasi satwa dan hutan yang berbasis di Malang menyurvei dan mencari jejak harimau Jawa di lereng Gunung Arjuno sejak Jumat pekan lalu hingga Senin, 27 Juni 2016. Mereka ingin memastikan soal kebenaran informasi foto penampakan harimau Jawa yang sempat beredar di media sosial beberapa hari lalu.

Koordinator ProFauna, Rosek Nursahid, menjelaskan lembaganya mengecek sejak Jumat hingga hari ini di sekitar lokasi yang disebut dalam media sosial itu. Tim ProFauna mewawancarai peladang setempat, pemburu, dan mencari langsung jejak si raja hutan.

Selama di lereng Arjuno, ProFauna telah mewawancarai 20 peladang, tiga kelompok pemburu, dan survei langsung mencari jejak harimau Jawa. Tim tak menemukan petunjuk apa pun tentang penampakan harimau Jawa di lokasi itu. Tim menemukan banyak penampakan satwa lain, seperti monyet, lutung, babi, musang, dan kijang.

Menurut dia, informasi penampakan harimau dengan motif loreng dijumpai peladang di tahun 1980-an. Sejak itu, peladang narasumber ProFauna tak pernah menemui penampakan harimau loreng.

ProFauna menyimpulkan foto yang beredar di dunia maya itu adalah foto palsu yang tak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. “Hoax (bohong), kemungkinan hasil editan,” katanya. (aul/net)

Komentar Anda

Most Popular

To Top