All for Joomla All for Webmasters
Featured

Pokemon Go Bisa Curi Data Rahasia Negara?

baguskali- Permainan Pokemon Go ternyata membuat pemerintah kita pusing tujuh keliling. Pasalnya, permainan yang diproduksi oleh Nintendo tersebut, membuat pemerintah waspada terhadap pencurian data rahasia negara.

Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Kementerian Komunikasi dan Informasi Hendro Sudianto‎ mengaku, baru saja menggelar rapat khusus membahas game Pokemon Go ini.

“Kemarin kami baru saja rapat bersama BIN, Bais (Badan Intelijen Strategis), TNI, dan Google tentang Pokemon Go ini,” kata Hendro di Kuta, Bali, Rabu (27/7/2016).

“Kebetulan saya yang pimpin rapat. Kami meminta klarifikasi kepada Google, apakah betul Pokemon Go itu bisa untuk mencuri data-data spasial kita, data 3G kita, dari pemain-pemain,” sambung dia.‎

Yang menjadi pertanyaan pemerintah, kata dia, yakni, jika seseorang berburu Pokemon Go di obyek vital, apakah dapat mengakses data-data rahasia negara.‎

“Misalnya pemain bermain Pokemon Go di Kodam IX Udayana atau di tempat-tempat obyek vital negara. Apakah Google akan mengambil data atau informasi rahasia yang membahayakan negara kita,” tutur Hendro.

Hendro menuturkan, Google menjelaskan jika mereka tak berkaitan langsung dengan permainan yang sedang digandrungi publik tersebut.

“Dari pihak Google menjawab jika mereka hanya menyediakan map-nya saja. Mereka hanya menyediakan lokasi, dalam artian Google Map-nya saja. Google Map itu tidak hanya dipakai oleh Pokemon Go, tapi juga oleh Uber Taksi, Grab Taksi, Gojek, dan juga pemerintah,” ujar dia.

Menurut dia, berdasarkan hasil rapat dengan Google, yang berhubungan dengan data adalah penyedia game tersebut yakni, Nintendo. (aul/net)

Komentar Anda

Most Popular

To Top