All for Joomla All for Webmasters
Featured

Ternyata Argentina dan Brasil Dipisahkan Air Terjun yang Cantik Banget

baguskali- Tidak banyak yang tahu jika Argentina dan Brasil, ternyata punya perbatasan yang menakjubkan. Namanya Air terjun Iguazu, yang memisahkan kedua negara yang hebat dalam olahraga sepak bola.

Air Terjun Iguazu ini terletak di perbatasan Argentina dan Brasil. Tepatnya di Provinsi Misiones, Argentina dan negara bagian Parana di Brasil.

Iguazu bisa ditempuh selama 4,5 jam berkendara mobil dari Kota Posadas, ibukota Provinsi Misiones di Argentina. Jika liburan ke Brasil, waktu tempuh ke air terjun ini lebih panjang, sekitar 8 jam dari Curitiba, ibukota Parana.

Nama Iguazu sendiri berasal dari bahasa Tupi-Guarani yang kerap digunakan penduduk Amerika Selatan, terutama di bagian timur laut Argentina dan Barat Daya Brasil. Jika dipisahkan suku katanya mengandung makna ‘y’ yang artinya air, dan ‘uasu’ yang berarti besar. Jadi, Iguazu adalah air mengalir yang sangat besar.

Tidak salah memang Iguazu diberikan nama seperti itu. Jika dilihat dari penampakannya, Iguazu memang berukuran sangat besar. Bahkan, bisa dibilang raksasa! Bayangkan saja, debit air yang mengalir di air terjun ini mencapai 300 meter kubik per detiknya!

Sistem air terjun Iguazu dan sungai yang mengalir di bagian hulu dan hilirnya disebut-sebut sebagai yang terbesar di dunia. Air terjun ini membagi sungai Iguazu menjadi 2 aliran, yaitu bagian hulu dan hilir. Bagian hulunya berada di dekat Kota Curitiba di Brasil, dan mengalir sampai ke bagian hilir di Sungai San Antonio, Argentina.

Aliran air dari Sungai Iguazu jatuh tepat di tepi tebing, dan membentuk beberapa sistem air terjun dengan ketinggian yang bervariasi, dari mulai 60-82 meter. Diameternya sendiri membentang sepanjang kurang lebih 2,7 Kilometer.

Ada juga bagian air terjun yang disebut sebagai Devil’s Throat alias ‘Tenggorokan Setan’. Tenggorokan setan ini berupa aliran air berbentuk ‘U’ yang sempit dan deras, diameter antara 150-170 meter.

UNESCO pun telah menetapkan Air Terjun Iguazu sebagai salah satu World Heritage List. Keajaiban alam di Iguazu menjadi rumah bagi kurang lebih 2.000 spesies flora dan fauna khas Amerika Latin, seperti Jaguar, Howler Monkeys sampai Buaya Cayman.

Jika traveler menyadari, Air Terjun Iguazu ini sering muncul di dalam film Hollywood. Iguazu pernah menjadi lokasi syuting film Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull di tahun 2008, sampai yang terbaru yaitu muncul di film Captain America: Civil War (2016). (aul/net)

Komentar Anda

Most Popular

To Top