All for Joomla All for Webmasters
Sumatera Utara

Siswa Mengenal Nusantara, Siswa-siswi terbaik Aceh dikirim Ke Lombok

baguskali.com

Banda Aceh, Sebanyak 23 siswa-siswi terpilih dari Provinsi Aceh diberangkatkan menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bagaimana keseruannya?

Ternyata program tersebut adalah Siswa Mengenal Nusantara yang dicanangkan Kementerian BUMN beberapa tahun belakangan. Dan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Kali ini, Kementerian BUMN melalui PT INALUM (Persero), PT Pos Indonesia (Persero) dan PTPN I sebagai BUMN PIC di Provinsi Aceh bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Aceh.

Mereka memberangkatkan 23 orang siswa-siswi terbaik dari 23 Kabupaten/Kota di Aceh ke Lombok, Nusa Tenggara Barat untuk mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2017 akhir Juli lalu. Dari 23 siswa-siswi tersebut, 2 orang diantaranya adalah siswa SLB.

Sebelumnya kegiatan ini diawali dengan proses seleksi yang telah dilakukan pada 20-21 Mei 2017 di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh. Melalui proses seleksi tersebut, 21 siswa-siswi terpilih untuk mengikuti proses selanjutnya, yaitu proses Pembekalan Siswa yang dilakukan pada 21-22 Juli 2017.

Pada acara pembekalan siswa (21/07), Asisten Deputi Kementerian BUMN bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, Indriani Widiastuti menjelaskan bahwa program ini merupakan tahun ketiga dalam rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri.

“Program BUMN Hadir Untuk Negeri ini merupakan tahun ketiga. Setelah dievaluasi, program ini dianggap bagus dan perlu terus dilanjutkan. Program ini dilakukan di seluruh Provinsi di Indonesia, yang dikoordinir oleh semua BUMN,” kata Indriani.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Ismail Midi, Koordinator SMN dari INALUM di Provinsi Aceh mengatakan bahwa selain memberangkatkan siswa-siswi terbaik Aceh ke NTB, Provinsi Aceh juga akan menerima kunjungan dari siswa-siswi terbaik NTB.

“Selain memberangkatkan siswa Aceh ke NTB, kita juga akan menerima siswa-siswi terbaik NTB untuk mengikuti program SMN di Provinsi Aceh mulai 24 Juli sampai 1 Agustus 2017,” ujar Ismail.

Fitri Sundari selaku salah satu siswa peserta program SMN di Provinsi Aceh berharap bahwa program SMN ini dapat terus dilanjutkan dikarenakan sangat bermanfaat bagi generasi muda sehingga dapat mengetahui dan lebih menghargai ragam budaya yang ada di seluruh Indonesia.

“Kami berterima kasih kepada PT INALUM (Persero), PT Pos Indonesia dan PTPN1 atas diselenggarakannya program SMN ini. Dengan adanya program ini kami dapat lebih mengetahui ragam budaya yang ada di Indonesia. Kami berharap program ini dapat terus berlanjut karena sangat bagus untuk para generasi muda seperti kami,” tegas Fitri.

Pada kesempatan terpisah, Sekretaris Perusahaan INALUM Ricky Gunawan menjelaskan bahwa BUMN Hadir Untuk Negeri ini merupakan program dari Kementerian BUMN dengan tujuan agar BUMN tidak hanya berorientasi pada mencari profit atau laba semata.

Namun juga mampu memberikan manfaat pada masyarakat Indonesia. Khusus untuk program SMN, dengan adanya program ini diharapkan mampu mengenalkan wawasan Nusantara kepada para siswa sejak dini.

Ada empat wawasan yang dikenalkan kepada siswa melalui program ini yaitu wawasan sosial budaya, entrepreneurship, pendidikan dan BUMN.

Kegiatan SMN ini ditutup pada tanggal 1 Agustus 2017 yang ditandai dengan penyematan selempang agam dan inong serta pemberian plakat oleh Direktur Utama INALUM Winardi.

Pada akhir acara, Winardi menyampaikan bahwasanya kegiatan Siswa Mengenal Nusantara ini merupakan program yang sudah rutin dilaksanakan oleh INALUM.

“Program ini program yang sangat baik ya dan ini sudah terbentuk 3 tahun, dari tahun 2015, 2016, 2017 dan saya kira berjalan dengan baik dan dari waktu ke waktu kita harus lebih tingkatkan lagi.” Jelas Winardi.

Komentar Anda

Most Popular

To Top