All for Joomla All for Webmasters
Islami

Fithrah Wanita Akan Tetap Bengkok, Maka. . .

baguskali.com

Telah disebutkan sebelumnya bahwa menasihati istri bukanlah perkara yang mudah. Ketidakmudahan ini umumnya berbanding lurus dengan usia pernikahan. Ada banyak faktor yang menyebabkan ketidakmudahan ini. Akan tetapi, faktor yang paling berpengaruh adalah fitrah penciptaan wanita itu sendiri.

Fitrahnya, mereka diciptakan dalam keadaan bengkok. Kebengkokan ini perlu diluruskan. Akan tetapi, pelurusannya tak bisa begitu saja karena dapat menyebabkannya patah. Oleh karena itu, harus selalu berhati-hati.

Simak hadis riwayat Muslim (1468) berikut:

و حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ عَنْ زَائِدَةَ عَنْ مَيْسَرَةَ عَنْ أَبِي حَازِمٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَإِذَا شَهِدَ أَمْرًا فَلْيَتَكَلَّمْ بِخَيْرٍ أَوْ لِيَسْكُتْ وَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ فَإِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ وَإِنَّ أَعْوَجَ شَيْءٍ فِي الضِّلَعِ أَعْلَاهُ إِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهُ كَسَرْتَهُ وَإِنْ تَرَكْتَهُ لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ اسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ خَيْرًا

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah, telah menceritakan kepada kami Husain bin Ali dari Za’idah dari Maisarah dari Abu Hazim dari Abu Hurairah dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wasallam beliau bersabda:

Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, kemudian dia menyaksikan suatu peristiwa, hendaklah dia berbicara dengan baik atau diam. Dan nasihatilah wanita dengan kebaikan, karena sesungguhnya dia diciptakan dari tulang rusuk dan bagian yang paling bengkok adalah tulang rusuk yang paling atas. Jika kamu berusaha untuk meluruskannya, niscaya akan patah, jika kamu membiarkannya, dia akan tetap bengkok, maka nasihatilah wanita dengan kebaikan.”

Anda yang sekarang berstatus sebagai suami, nasihatilah istri anda dengan kebaikan. Dan bagi Anda yang sekarang berstatus sebagai istri, berlapang hatilah untuk memerima dan melaksanakan apa yang suami Anda sampaikan.

Sumber : satumedia.co

Komentar Anda

Most Popular

To Top