All for Joomla All for Webmasters
Nasional

Percayalah, Potongan Tembok Berlin Ada Di Indonesia

baguskali.com

Depok, Bak emas yang tak terungkap, empat bongkahan Tembok Berlin saksi bisu terbelahnya kubu Jerman Timur dan Jerman Barat tersimpan rapi di workshop milik Teguh Ostenrik.

Lokasinya di Jalan Serua Bulak Raya, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat. Masyarkat sekitar tak mengetahui kalau tembok raksasa seberat 2,1 ton yang diruntuhkan pada 9 November 1989 itu, sarat dengan nilai sejarah.

Penanggung Jawab Workshop, Wawan mengatakan, bongkahan Tembok Berlin sudah ada sejak 2010. Total ada empat buah yang berada di workshop.

“Tinginya sekitar 3,6 meter dengan lebar 1,2 meter,” ujar Wawan dilansir Radar Depok Online (Jawa Pos Grup), Rabu (23/8).

Informasi yang dihimpun, empa bongkahan tembok itu dibawa Teguh Ostenrik dua pekan pascaruntuhnya Tembok Berlin. Ketika itu, Teguh memang tengah berada di Jerman.

Teguh adalah seniman yang sempat menimba ilmu di sana pada tahun 1980.

Rencananya, tembok yang dibangun pada 13 Agustus 1961 oleh Republik Demkoratik Jerman itu bakal diletakan di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta Utara.

“Pak Gubernur DKI (Djarot Saiful Hidayat) sebelumnya sempat ke sini. Minta dipamerkan di RPTRA,” tambah Wawan.

Sementara, sejumlah warga baru mengetahui jika tembok tersebut punya nilai sejarah tinggi. Mereka tadinya hanya menganggap tembok biasa.

“Saya awalnya nggak percaya, tembok sebesar itu gimana cara bawanya dari Jerman,” kata Doni.

Hal senada diutarakan Ketua Karang Taruna Pondok Petir, Harun Zein. Dia mengaku baru mengetahui tembok bersejarah itu setelah datangnya Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat ke lokasi penyimpanan tembok.

Jujur saya baru tahu ini, ternyata kita punya emas terpendam,” tutup dia.

Sumber : jawapos.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top