All for Joomla All for Webmasters
Internasional

Ini 10 Negara Paling Makmur Di Dunia, Indonesia Masih Jauh. . .

baguskali.com

Untuk mengukur tingkat kemakmuran suatu negara, salah satu indikatornya adalah dengan melihat pendapat rata rata penduduknya selama satu tahun atau pendapat per kapita. Semakin tinggi pendapatan per kapita suatu bangsa maka bisa dikatakan semakin makmur. Metode ini pun dinilai menjadi metode yang terbaik untuk digunakan.

Inilah 10 negara dengan tingkat kemakmuran paling tinggi:

10. Denmark

Denmark masuk ke dalam negara lima teratas di dunia dalam hal keamanan nasional dan keamanan pribadi. Negara ini juga memiliki nilai tinggi dalam beberapa bidang seperti tata kelola dan partisipasi politik, jaringan sosial dan dukungan sosialnya yang kuat. Nilai rendah juga diperoleh negara dengan ibu kota Kopenhagen ini, yakni dalam bidang layanan kesehatan yang masih tertinggal dari negara-negara Eropa lainnya.

9. Swedia

Salah satu negara terkaya ini menempati peringkat ketiga terbaik di dunia dalam bidang ekonomi. Peluang ekonominya pun menjadi salah satu yang terkuat, mengikuti Selandia Baru dan Belanda. 

Negara dengan ibu kota Stockholm itu menduduki urutan kelima untuk kategori pemerintahan yang efektif, demokrasi, dan partisipasi politik. Sedangkan terkait layanan kesehatan, Swedia berada di urutan keenam terbaik di dunia.

8. Belanda

Negara yang terkenal dengan kincir anginnya ini menempati posisi kedua dalam bidang ekonomi setelah Selandia Baru. Kualitas pendidikan di Belanda juga patut diperhitungkan karena pasalnya negara ini menduduki peringkat kedua dalam bidang pendidikan setelah Swiss. Namun, negara dengan ibu kota Den Haag ini memiliki poin rendah dalam bidang lingkungan bisnis dan keamanan negara.

7. Australia

Australia dan Selandia Baru telah lama bersaing menempati posisi tertinggi di dunia dalam bidang kekuatan hubungan dan dukungan sosial. Negara yang terkenal dengan hewan kangurunya ini telah mengalami kemerosotan kemakmuran selama beberapa dekade terakhir.

Hal ini disebabkan oleh kurangnya keterbukaan ekonomi dan ancaman teror yang semakin meningkat. Namun, meskipun begitu Australia masih menawarkan tingkat kemakmuran yang cukup tinggi dibandingkan dengan negara Persemakmuran lainnya.

6. Kanada

Sebagai salah satu negara Persemakmuran, Kanada secara konsisten selalu berhasil untuk mempertahankan indeks kemakmurannya dengan baik. Hal ini terwujud berkat pasar tenaga kerja yang kuat dan fleksibelitas dalam bidang bisnis yang berada di posisi ketiga di dunia. Untuk bidang tata pemerintahan yang menekankan pada kebebasan pribadi dan dukungan sosial, Kanada berada dalam tiga terbaik di dunia.

5. Swiss

Menyusul Finlandia, Swiss juga menjadi negara dengan indeks peringkat pendidikan paling tinggi di dunia. Swiss menduduki peringkat ke tiga untuk layanan kesehatan dan peringkat ke empat dalam bidang ekonomi dan peluang ekonomi yang kuat.

Namun, Swiss memiliki skor terendah untuk kategori kebebasan pribadi dan toleransi sosial. Meskipun rendah, peringkat ini masih setara dengan Eropa Barat yang lebih unggul dari sebagian besar negara di dunia.

4. Finlandia

Negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Finlandia mempunyai pemerintahan paling efektif dengan penekanan pada demokrasi dan partisipasi politik yang paling baik di dunia.

Negara ini juga mendapatkan nilai tinggi untuk pelestarian lingkungan setelah Slovenia yang menduduki peringkat pertama dalam bidang ini. Tingkat kemakmuran yang tinggi di Finlandia dilihat berdasarkan pendidikan, kebebasan pribadi, dan sistem pendukung sosial yang kuat.

3. Norwegia

Di urutan kedua ditempati oleh negara dengan ibu kota Oslo ini. Norwegia yang sudah dikenal lama sebagai negara paling makmur ini memiliki struktur pemerintahan yang kuat.

Dalam bidang demokrasi dan partisipasi politiknya berada di peringkat ketiga secara keseluruhan. Untuk bidang pendidikan dan perlindungan lingkungan serta keselamatan, keamanan dan dukungan sosial berada dalam urutan keenam.

2. Selandia Baru

Posisi pertama diduduki oleh negara yang terkenal dengan padang rumputnya yang terhampar luas ini. Tingkat kerukunan masyarakat Selandia Baru sangat kuat.

Berdasarkan riset, sebesar 99 persen penduduk Selandia Baru memiliki sanak keluarga atau teman untuk diandalkan. Negara ini juga memiliki kebebasan pribadi dan toleransi sosial yang tinggi, ditambah dengan ekonomi perdagangan terbuka yang telah menempatkan Selandia Baru berada di posisi teratas.

1. Qatar

Qatar menempati urutan pertama sebagai negara terkaya di dunia dengan PDB per kapita sebesar US$90.149 atau Rp811 juta per tahun pada 2010. Qatar merupakan salah satu negara kaya minyak dan gas di kawasan Timur Tengah, bahkan merupakan eksportir gas terbesar di dunia. Total luas wilayah 11.586 kilometer persegi dengan jumlah penduduk hanya 1,15 juta jiwa pada 2009.

Yang menarik, Qatar merupakan satu-satunya wakil dari wilayah Arab yang berada di jajaran 10 negara terkaya dunia. Total cadangan devisa hanya US$19,8 miliar pada November 2009. Dengan produk domestik bruto US$52,7 miliar pada 2008, perekonomian Qatar mengandalkan pada industri yang bertumpu pada industri minyak dan gas.

Berbagai Sumber

Komentar Anda

Most Popular

To Top