All for Joomla All for Webmasters
Nasional

PAUD Terakreditasi Masih Minim

baguskali.com

Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang terakreditasi sedikit. Bahkan, belum banyak sekolah atau sekolah yang menyatakan siap akreditasi.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Joko Susilo melalui Kasi PAUD Wiwik Bekti Pratiwi mengatakan, ada 408 PAUD. Dari jumlah itu, baru terakreditasi 15 lembaga. Selain itu, ada 10 lembaga yang saat ini proses menuju akreditasi.

”Sebenarnya, lembaga PAUD dulu pernah ikut akreditasi jumlahnya banyak. waktu masih ikut bidang Dikdas dan cukup dari asesor kabupaten. Setelah dipecah dan diubah akreditasi, harus dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) PAUD dan Pendidikan Masyrakat (Dikmas),” ungkapnya kemarin.

Wiwik menambahkan, pengajuan akreditasi ini sekolah harus bisa memenuhi delapan standar pendidikan PAUD. Di antaranya pencapaian perkembangan anak, kurikulum, proses, penilaian, standar pendidikan, sarpras, pengelolaan dan pembiayaan.

”Akreditasi lembaga yang sudah siap bisa mengusulkan. Sampai saat ini baru 10 lembaga dan proses pembinaan. Kami berupaya dan memberikan dorongan supaya mengajukan akreditasi,” jelasnya.

Dia menambahkan, membuat laporan bantuan direvisi beberapa kali sudah banyak yang mengeluh. Apalagi menyusun laporan akreditasi. Hal inilah yang seharusnya lembaga memberikan pengarahan.

Pihaknya siap membantu bila ada kesulitan dalam penyusunan akreditasi. Pembinaan akan dilakukan tiga bulan agar bisa memenuhi delapan standar. ”Kesulitan lembaga untuk mengajukan akreditasi biasa penyediaan sarpras. Kalau jumlah peserta didik sudah bisa dipastikan mampu karena sejak awal pendirian PAUD menjadi syarat utama, minimal 20 peserta didik,” ungkapnya.

Sumber: jawapos.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top