All for Joomla All for Webmasters
Nasional

Wow, Ini Jumlah Pulau Indonesia yang Sudah Di Daftarkan Ke PBB

baguskali.com

Jakarta, Batas wilayah Indonesia yang luas kerap dimanfaatkan negara lain, sebagai celah untuk mengklaim sejumlah pulau. Berangkat dari hal itu, pemerintah terus berupaya memproteksi keberadaan pulau-pulau tersebut.

Nah, belum lama ini, Kementerian Dalam Negeri (kemendagri) telah membakukan nama-nama pulau di seluruh Indonesia. Bahkan, sebanyak 16.056 pulau sudah dilaporkan ke Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Dirjen Bina Adminstrasi Kewilayahan (BAK), Eko Subowo mengatakan, Kemendagri telah melakukan verifikasi serta pembakuan nama pulau dengan capaian sebanyak 2.590 pulau.

Itu semua, kata dia, telah dilaporkan dalam sidang UNCSGN ke-XI di New York Amerika Serikat pada bulan Agustus 2017.

“Total jumlah pulau di seluruh Indonesia yang telah dibakukan dan dilaporkan ke PBB s.d Bulan Agustus 2017 sebanyak 16.056 Pulau (tambahan data tahun 2012, Kemendagri bersama K/L terkait telah memverifikasi dan membakukan sejumlah 13.466 pulau di 33 Provinsi dan melaporkannya pada Konvensi ke-10 UNCSGN (10th The United Nation Conference on Standardization on Geographical Names) di New York, AS),” kata dia dalam keteranganya kepada Wartawan, di Kemendagri, Jakarta, Senin (9/10), dilansir RMOl Jabar (Jawa Pos Grup).

Eko menambahkan, untuk mempercepat agar daerah ikut membantu melakukan verifikasi, Kemendagri memberikan penghargaan Toponimi Award kepada Provinsi, Kabupaten/Kota yang berhasil dalam mendukung proses verifikasi pembakuan nama pulau.

“Kemendagri bersama K/L terkait akan melanjutkan verifikasi serta pembakuan nama terhadap pulau-pulau hasil identifikasi terbaru dengan mengacu pada jumlah pulau sebanyak 17.504. Sebagaimana UU 6/1996 tentang Perairan Indonesia,” tandasnya.

Sumber: jawapos.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top