All for Joomla All for Webmasters
Internasional

Kedubes AS Sebut Masalah Panglima Hanya Masalah Administratif, Benarkah?

baguskali.com

Jakarta, Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta menyatakan masalah yang meimpa Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Gatot Nurmantyo dikarenakan kesalahan administrasi di otoritas AS. Jenderal Gatot pekan lalu dilarang masuk ke AS oleh otoritas keamanan AS.

“Pada hari Sabtu, 21 Oktober, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo beserta istri mengalami penundaan saat akan naik pesawat menuju AS karena kesalahan administratif,” kata kedubes AS pada Rabu (25/10).

“Kesalahan tersebut secara cepat diluruskan. Kami telah mengambil tindakan yang tepat untuk mencegah kejadian yang sama terulang kembali. Tidak ada larangan terbang untuk Panglima TNI dan istri, dan kami dengan senang hati menyambut mereka di AS,” sambungnya.

Kedubes AS kemudian mengatakan, pihaknya tetap menjaga komitmen kemitraan strategis  dengan Indonesia, sebagai cara untuk memberikan keamanan dan kemakmuran bagi bangsa di kedua negara, dan menyatakan penyesalan atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. “Kami telah menyampaikannya kepada Pemerintah Indonesia,” ungkapnya

“Pemerintah AS berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap orang yang akan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat diteliti dan diperiksa secara saksama demi menjaga tanggung jawab kami terhadap keamanan nasional AS. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas bantuannya dalam menyelesaikan hal ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, juru bicara Departemen Keamanan Dalam Negeri AS Dave Lapan mengatakan Jenderal Gatot tidak dapat menaiki pesawatnya karena delay atau penundaan yang timbul dari ”protokol keamanan AS”.

Sumber: sindonews.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top