All for Joomla All for Webmasters
Internasional

Catalonia Deklarasikan Kemerdekaan Atas Spanyol

baguskali.com

Barcelona, Parlemen Catalonia mengumumkan kemerdekaan dari Spanyol, Jumat (27/10/2017). Pengumuman ini bertentangan dengan pemerintah Spanyol, yang pada saat bersamaan bersiap untuk menerapkan peraturan langsung terhadap wilayah tersebut.

Meskipun deklarasi tersebut berlaku sebagai isyarat simbolis karena tidak akan diterima oleh Spanyol atau masyarakat internasional, pergerakan kedua belah pihak menciptakan krisis politik terburuk Spanyol dalam empat dekade ke tingkat yang baru.

Deklarasi yang disahkan oleh parlemen daerah di Barcelona ini mengatakan bahwa bahwa Catalonia merupakan negara demokratis yang independen, berdaulat dan sosial. Pernyataan ini juga meminta negara dan institusi lain untuk mengakuinya. Meski begitu, deklarasi ini diboikot oleh partai-partai oposisi.

Parlemen Catalonia juga mengatakan ingin membuka pembicaraan dengan Madrid untuk berkolaborasi dalam mendirikan republik baru tersebut.

“Tidak akan mudah, itu tidak akan bebas, itu tidak akan berubah dalam sehari. Tapi tidak ada alternatif untuk proses menuju Republik Catalan,” ujar anggota dewan Marta Rovira dari Junts pel Si aliansi pro-kemerdekaan mengatakan dalam sebuah debat yang mengarah pada pemungutan suara seperti dikutip dari Reuters.

Setelah debat, anggota parlemen dari tiga partai nasional utama – Partai Rakyat, Sosialis dan Ciudadanos, memilih untuk keluar.

Anggota partai pro-kemerdekaan dan Podemos yang jauh tertinggal kemudian memilih 70-10 dalam sebuah pemungutan suara rahasia yang bertujuan menghalangi usaha pemerintah pusat untuk menjatuhkan tuntutan pidana kepada mereka.

Saham dan obligasi Spanyol dijual saat hasil pemungutan suara diumumkan.

Pemimpin Catalan Carles Puigdemont meninggalkan ruangan itu untuk teriakan “Presiden!”.

Sementara di Madrid majelis tinggi parlemen Spanyol, Senat, menyetujui Pasal 155 sebuah undang-undang yang mengizinkan pemerintah pusat untuk mengambil alih daerah otonom.

“Langkah-langkah luar biasa seharusnya hanya diadopsi jika tidak ada upaya lain yang mungkin dilakukan,” kata Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy mengatakan dalam sebuah pidato kepada Senat.

“Menurut saya tidak ada alternatif. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan dan yang harus dilakukan adalah menerima dan mematuhi hukum,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan kepemimpinan Catalan telah mengabaikan undang-undang tersebut dan membuat olok-olok demokrasi.

“Kami menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah terakhir kami,” kata Rajoy, yang telah mempertaruhkan sebuah posisi tanpa kompromi melawan kampanye Catalonia untuk melepaskan diri dari Spanyol.

Setelah pemilihan Senat, Rajoy diharapkan mengumpulkan kabinetnya guna mengadopsi langkah pertama untuk mengatur Catalonia secara langsung. Ini bisa termasuk pemecatan pemerintah Barcelona dan dengan asumsi pengawasan langsung pasukan polisi Catalan.

Tapi bagaimana aturan langsung bisa berjalan di lapangan, termasuk reaksi pegawai negeri dan polisi, tidak pasti.

Beberapa pendukung kemerdekaan telah berjanji untuk melakukan kampanye pembangkangan sipil, yang dapat menyebabkan konfrontasi langsung dengan aparat keamanan.

Krisis yang berkembang terjadi setelah referendum kemerdekaan pada 1 Oktober di mana dinyatakan ilegal oleh Madrid. Meskipun mendukung kemerdekaan, referendum hanya mendapatkan 43 persen pemilih karena orang-orang Catalan yang menentang kemerdekaan sebagian besar memboikotnya.

Di Barcelona, kerumunan pendukung kemerdekaan membengkak di jalan-jalan di pusat kota, meneriakkan “Liberty” dalam bahasa Catalan dan menyanyikan lagu-lagu Catalan tradisional.

“Saya khawatir, saya gugup seperti semua orang. Tapi kemerdekaan tidak pernah gratis,” kata musisi Jaume Moline (50).

Montserrat Rectoret, seorang sejarawan berusia 61 tahun, mengatakan: “Saya emosional karena Catalonia telah berjuang selama 40 tahun untuk mandiri dan akhirnya saya dapat melihatnya.”

Krisis ini telah membelah Catalonia dan menyebabkan kebencian mendalam di sekitar Spanyol – bendera nasional sekarang menggantung dari banyak balkon di ibukota dalam sebuah ekspresi kesatuan.

Krisis ini juga telah mendorong penerbangan bisnis dari wilayah timur laut yang kaya raya dan menjadi alarm bagi para pemimpin Eropa yang khawatir jika krisis tersebut dapat menggerakkan sentimen separatis di sekitar benua tersebut.

Catalonia adalah salah satu wilayah Spanyol yang paling makmur dan sudah memiliki tingkat otonomi yang tinggi. Tapi daerah itu juga memiliki banyak ketidak puasan bersejarah, diperburuk selama kediktatoran Franco tahun 1939-1975, ketika budaya dan politiknya ditekan.

Sumber: sindonews.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top