All for Joomla All for Webmasters
Sains

AI Buatan Peneliti Jepang Klaim Mampu Deteksi Kanker Usus Dalam 1 Detik

baguskali.com

Hal penting yang sering kali diabaikan oleh banyak orang adalah tes medis. Kebanyakan dari orang-orang yang enggan melakukan tes medis adalah karena alasan rasa takut, dimana hasil tes bisa menjadi kabar baik atau buruk. Namun hal yang paling dianggap mencemaskan adalah ketika menunggu hasil tes medis. Kini tak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasil tes medis karena peneliti di Jepang telah mengembangkan AI(artificial intelligence)  yang dapat mendeteksi kanker dalam waktu singkat.

Para peneliti di Jepang telah berhasil mengembangkan software yang mampu mendeteksi kanker usus walam waktu kurang dari satu detik atau bahkan lebih cepat. Selama uji coba mereka, AI tampaknya sukses karena bisa melihat adenoma kolorektal, yang pada dasarnya adalah tumor jinak yang memiliki potensi untuk berkembang menjadi kanker, dari gambar endoskopi yang diperbesar.

Sistem kecerdasan buatan ini dilatih oleh para peneliti dengan mencocokan gambar-gambar terhadap 30.000 orang lain selama menjalankan mesin pembelajaran, sehingga memungkinkan sistem untuk dengan cepat mengidentifikasi hal apa yang bisa menjadi kanker dan apa yang mungkin tidak menjadi kanker. Saat mempresentasikan hasil di ajang United European Gastroenterology Week di Barcelona, Spanyol, pemimpin studi Dr. Yuichi Mori dari Showa University di Yokohama, Jepang percaya bahwa ini bisa menyelamatkan pasien tanpa perlu menjalani operasi. Sayangya, sistem kecerdasan buatan tersebut belum mendapatkan persetujuan oleh regulator Jepang, tapi Mori percaya bahwa hasil tersebut membuatnya dapat diterima untuk aplikasi klinik.

Sumber: beritateknologi.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top