All for Joomla All for Webmasters
Nasional

Operasi Zebra 2017 Dimulai, Perhatikan Tips Berikut Jika Ingin Selamat!

baguskali.com

Kepolisian Republik Indonesia mulai menggelar Operasi Zebra 2017. Operasi ini digelar serentak di seluruh Indonesia selama 1 hingga 14 November 2017.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Royke Lumowa, mengatakan dalam operasi ini ada beberapa hal pelanggaran yang ditekankan.

“Pertama pelanggaran lantas berpotensi kecelakaan. Ini paling utama, seperti lawan arus, menerobos lampu merah, berbonceng lebih, bermuatan lebih, kemudian tidak pake safety belt dan helm,” kata Royke di Kantor NTMC Polri, Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, Rabu 1 November 2017.

Kemudian, lanjut Royke, pelanggaran menonjol lainnya yang akan dilakukan penindakan adalah pemasangan rotator, strobo dan sirine di kendaraan pribadi.

Bahkan, ia menegaskan, bentuk penindakan bagi kendaraan pribadi yang menggunakan rotator, strobo dan sirine bisa penahanan kendaraan.

“Salah satu bentuk (penindakan) tilang, tilang itu bertahap selama masih bisa diperingati kita peringati. Tapi jika sudah tidak bisa diperingati akan ditilang,” tegasnya.

Tilang juga, lanjut Royke, ada dua bentuk. Pertama, tilang barang bukti surat kendaraan sepanjang pengendara yang melanggar komunikatif. Kedua, kalau jenis pelanggarannya memasang rotator, strobo atau sirine, maka kendaraannya bisa ditahan.

“Barang buktinya rotatornya itu. Kalau alat itu sulit dibuka kendaraannya yang kami jadikan barbuk,” ujarnya.

Royke menambahkan, dalam Operasi Zebra ini juga diharapkan anggota Polantas di lapangan dapat bertindak secara santun, tidak arogan dan tidak sok berkuasa.

“Kemudian menghindari terjadi kongkalikong di jalan. Pelanggar tidak boleh mempengaruhi polisi dan polisi tidak boleh mempengaruhi pelanggar untuk bermain mata sehingga suap menyuap itu dihindari. Operasi Zebra ini diawasi propam dan masyarakat juga mengawasi kami harapkan agar operasi zebra lebih sempurna,” katanya.

Untuk sasaran lokasi penindakan dalam Operasi Zebra, Royke menuturkan akan menekankan ke tempat-tempat yang berpotensi terjadinya kecelakaan. “Yang jelas tempat yang rawan kecelakaan tinggi dan rawan kemacetan,” ucapnya.

Sumber: viva.co.id

Komentar Anda

Most Popular

To Top